PENERAPAN PEMBELAJARAN BCM (BERMAIN, CERITA, MENYANYI) DALAM KONTEKS PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI KOBER BAITURROHIM KABUPATEN BANDUNG BARAT

Authors

  • Ema Aprianti STKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/ts.v3i2p195-211.651

Abstract

Penelitian ini mengangkat permasalahan tentang : “Penerapan Pembelajaran BCM (Bermain, Cerita Menyanyi) Dalam Konteks Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini di Kober Baiturrohim Kabupaten Bandung Barat “.Tujuan yang ingin dicapai melalui penelitian ini adalah memperoleh gambaran mengenai perencanaan penerapan pembelajaran BCM (Bermain, Cerita Menyanyi) di Kober Baiturrohim.Mengetahui perkembangan sosial emosional anak usia dini di Kober Baiturrohim (tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi).Mengetahui hasil BCM (Bermain, Cerita Menyanyi) ada tidaknya peningkatan perkembangan sosial emosional anak usia dini di Kober Baiturrohim.Penelitian ini dilaksanakan dengan Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif. Sugiyono (2009 : 21-22). Sumber data penelitian ini adalah 30 orang siswa dan 3 orang pendidik. Untuk kepentingan studi kasus ditetapkan 3 orang pendidik dan 3 orang peserta didik. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan instrumen berupa pedoman wawancara dan  pedoman observasi dan angket. Pada dasarnya hasil penelitian tentang penerapan pembelajaran BCM (Bermain, Cerita, Menyanyi) dalam konteks perkembangan sosial emosional anak usia dini di Kober Baiturrohim Kabupaten Bandung Barat pada perencanaannya telah menunjukan proses penyelenggaraan pembelajaran yang merujuk kepada ketentuan baku sejak perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Perencanaan pembelajaran berdasarkan hasil wawancara dan dokumentasi guru-guru yang bersangkutan pada perkembangan sosial emosional anak usia dini di Kober Baiturrohim telah melaksanakan sesuai dengan tahap-tahap perencanaan pembelajaran sejak pembentukan silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, bahan ajar dan media pembelajaran (sesuai dengan panduan kurikulum 2013 PAUD). Seluruh dampak positif yang tampak berkaitan dengan perkembangan sosial emosional anak merupakan hasil serta tujuan dari penerapan pembelajaran BCM (Bermain, Cerita dan Menyanyi) di Kober Baiturrohim. Tingkat keberhasilan juga sangat bergantung pada stimulasi yang diberikan oleh guru dalam mengaplikasikan BCM tersebut pada setiap kegiatan pembelajaran baik didalam maupun diluar kelas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pertanyaan penelitian ini yang menyatakan Penerapan Pembelajaran BCM (Bermain, Cerita Menyanyi) Dalam Konteks Perkembangan Sosial Emosional anak usia dini dapat diterima. 

References

Arikunto, Suharsimi (2005) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Badingah, S. (1993). Agresivitas Remaja Kaitannya dengan Pola Asuh, Tingkah Laku Agresif Orang Tua dan Kegemaran Menonoton Film Keras. Program Studi Psikologi – Pascasarjana, UI. Depok.

Creswell, J. (2003). Research design: Qualitative and quantitative approaches. London: Sage.

Erikson. Erik H. Childhood and Society (New York & London: W.W. Norton & Company, 1993)

Goleman, Daniel. Emotional Intelegence, Kecerdasan Emosional. Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. 2003.

Hurlock, E.B. 1978. Perkembangan Anak. Jilid 2. Alih bahasa : Tjandrasa. Jakarta : Erlangga.

Isjoni. (2009). Model Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung : Alfabeta

Loree, M.R .(1970). Pysclogy of Education,NY; The Ronald Press, Chapter 4-7 and 10-13

Maleong, J, L (2011) Metodologi Penelitian Kualitatif Bandung PT Rosdakarya

Moeslichatoen. 2004. Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta

Muhyibin, Muhammad, Manajemen ESQ Power, Penerbit Diva Press Yogyakarta. Tahun 2007.

Permendikbud No. 146 dan 137 tahun 2014 Tentang Pendidikan Anak Usia Dini

Syamsudin,dkk. 1995 Buku Pegangan Kuliah (BPK PPKM) Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: FIP UNY.

Sofia Hartati (2007). How to be a Good Teacher and to be a Good Mother, Enno Media Jakarta.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syaodih. (2008), Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung, Remaja Rosdakarya.

Bandung, Nusantara Press.

UU RI (2003). Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Umbara.

Yusuf, S. (2000). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2018-02-06