DEVELOPING THE LEARNING MEDIA THROUGH TEACHMINT BASED ON FLIPPED LEARNING IN LITERAL READING COURSE

Penulis

  • Vara Fauziatul 'Ainiyah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Rahma Adine Wahyu Putri Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Harir Mubarok Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Alfan Fahrizal Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Kata Kunci:

Media Pembelajaran, Teachmint, Pengembangan, Flipped Learning

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk membuat media pembelajaran membaca praktis menggunakan aplikasi Teachmint pada mata kuliah Literal reading untuk mahasiswa pendidikan bahasa inggris di UIN Maulana Malik Ibrahim. Hal ini dikarenakan mereka tidak dapat menemukan media pembelajaran yang sesuai dan praktis saat mempelajari mata kuliah tersebut. Maka, untuk menghasilkan kegiatan belajar mengajar yang interaktif, diperlukan sebuah penemuan, khususnya pengembangan platform Teachmint pada mata kuliah Literal Reading dengan menggunakan Model Flipped Learning. Penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D. Partisipan uji coba untuk penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan bahasa Inggris semester 3 di UIN Maulana Malik Ibrahim. Selama tahap uji coba, mahasiswa dibagi ke dalam beberapa tahap evaluasi berdasarkan prototipe produk yang dibuat. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa media pembelajaran Teahmint menggunakan model Flipped Learning memenuhi kriteria validitas isi dan media yang sangat baik, dengan nilai rata-rata 93,78%. Selain itu, hasil uji praktikalitas menunjukkan bahwa 86,24% responden berpendapat bahwa media pembelajaran ini sangat bermanfaat. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penelitian ini berhasil mengembangkan media pembelajaran yang praktis dengan menggunakan Teachmint dan Flipped Learning.

Referensi

Aini, N., Ronald, J., & Eprillison, V. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Teachmint dan Keaktifan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 4 Sumatera Barat. SAKOLA: Journal of Sains Cooperative Learning and Law, 1(2), 257-262.

Aljaraideh, Y. (2019). Students' perception of flipped classroom: A case study for private universities in Jordan. JOTSE: Journal of Technology and Science Education, 9(3), 368-377.

Amaliyah, N. (2023). Development of Technological, Pedagogical and Content Knowledge Based Learning Media. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 25(1), 107–116.

Apriyus, D. R., Rukun, K., Huda, A., & Marta, S. A. (2020). Validation of media interactive learning in vocational high school. Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan, 3(1), 64–67. https://doi.org/10.24036/jptk.v3i1.4423

Ardini, L., Iswara, U. S., & Retnani, E. D. (2020). The effectiveness of using e-learning as learning media during the covid pandemic 19. JKBM (Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen), 7(1), 72–81.

Arikunto Suharsimi. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. In Jakarta: Rineka Cipta (p. 172). http://r2kn.litbang.kemkes.go.id:8080/handle/123456789/62880

Beal Jr, E. G. (1950). The origin of likin. Columbia University.

Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer

Chorlay, R. (2022). Accounting for the variability of lecturing practices in situations of concept introduction. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 53(5), 1071–1091.

Fatmawan, A. R., Dewi, N. P. A., & Hita, I. P. A. D. (2023). Skimming and Scanning Technique: Is It Effective for Improving Indonesian Students’ Reading Comprehension? EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(3), 1181–1198. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i3.897

Hannafin, M. J., & Land, S. M. (2000). Technology and student-centered learning in higher education: Issues and practices. Journal of Computing in Higher Education, 12(1), 3–30. https://doi.org/10.1007/BF03032712

Hasriadi, H. (2022). Metode Pembelajaran Inovatif di Era Digitalisasi. Jurnal Sinestesia, 12(1), 136–151.

Isnaeni, N., & Hidayah, D. (2020). Pembelajaran Yang Nyata Dan Jelas . Jurnal Syntax Transformation, 1(5), 148–156.

Kasiuhe, D. B., Sulangi, V. R., & Pesik, A. (2023). Pengembangan Desain Pembelajaran Matematika Materi SPLDV Dengan Teachmint Berbantuan Microsoft Math Solver. Journal on Education, 06(01), 280–292.

Khasanah, S. U., & Untari, R. S. (2022). Development of E-modules as Learning Modules in Vocational High Schools. Academia Open, 7, 10–21070.

Kiptiyah, M., Misbah, M., & Rahman, M. (2022). Liberation Education in the Surah of the Qur'an Al-'Ankabut 43. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, 4(2), 430-443.

Korolija, J., Jovic, G., Steljic, B., & Mandic, L. (2005). Presentation and consolidation of physical and chemical changes of substances through pupils’ active work/Presentación y consolidación de cambios físicos y químicos de sustancias a través del trabajo activo de los estudiantes. Journal of Science Education, 6(2), 76.

Kurniawan, R., & Fitria, Y. (2023). E-Learning Using the Flipped Classroom Model-Based Teachmint Application and its Impact on Student Science Learning Outcomes. International Journal of Elementary Education, 7(3), 485-495.

https://doi.org/10.23887/ijee.v7i3.59262

Matban, N. (2023). Exploring Parental Attitudes Towards Technology-Assisted English Language Learning (TALL) For Young Children in Turkiye (Doctoral dissertation, University of Warsaw).

Nainggolan, A. C., & Panjaitan, S. N. (2024). Peningkatan Penggunaan Aplikasi Teachmint Sebagai Media Pembelajaran Matematika Bagi Warga Dan Siswa-Siswi Tanjung Selamat. BESIRU: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 45-54.

Prasetyo, D., Wibawa, B., & Musnir, D. N. (2020). Development of mobile learning-based learning model in higher education using the addie method. Journal of Computational and Theoretical Nanoscience, 17(2–3), 911–917.

Priyastuti, M. T. (2023). Relationship between google meet learning media and nursing student GPA STIKES ST Elisabeth Semarang. Enrichment: Journal of Management, 13(2), 784–790.

Richards, J. C. (2006). Materials development and research—making the connection. Relc Journal, 37(1), 5-26.

Sanjaya, W., Desyandri, D., Miaz, Y., & Rahmi, U. (2024). Innovation of Interactive Science Teaching Materials Based on Problem Based Learning Model through Learning Management System in Elementary School. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(7), 4442–4452.

Setyo, T. (2023, December). Mewujudkan Kesetaraan Dan Aksesibilitas Dalam Sistem Pendidikan Kontemporer (Studi Inklusivitas Manajemen Pendidikan Islam Di Madrasah Aliyah Al-Muhammad Cepu Jawa Tengah). In Prosiding Seminar Internasional Peluang dan Tantangan Perguruan Tinggi di Era Industri 4.0 dan Society 5.0 (Vol. 1, No. 1, pp. 394-408).

Silalahi, D. E., Siallagan, H., Munthe, B., & Sihombing, P. S. R. (2022). Investigating Students’ Motivation toward the Use of Zoom Meeting Application as English Learning Media during COVID-19 Pandemic. Journal of Curriculum and Teaching, 11(5), 41–48.

Sudarsana, I. K., Arini, N. W., Mastini, G. N., Sukerni, N. M., & Pusparini, L. D. (2020). Learning media: The development and its utilization. Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabetha

Suka, R. (2023). Pengaruh Model Flipped Classroom-Problem Based Learning Berbantuan Teachmint Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Gelombang Bunyi (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Sulastiani, Y., Sholih, S., & Rusdiyani, I. (2023). Analisis Respon Guru Dan Siswa Terhadap Penggunaan Media Pembelajaran Video Interaktif Aplikasi Teachmint Pada Materi Sistem Organisasi Sel Kelas Vii Di Smpn 5 Rangkasbitung Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran): Edutech and Intructional Research Journal, 10(1), 1-8.

Sunarto, M. J. D., Hariadi, B., Tan, A., Lemantara, J., & Sagirani, T. (2023). Pelatihan Model Pembelajaran Abad 21 dengan Flipped Learning untuk Guru SMA. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(1), 18–25. https://doi.org/10.36312/linov.v8i1.1103

Thakur, M. (2021). Transition From Traditional To Online Teaching Using Innovative Technologies. The Opportunities Of Uncertainties: Flexibility And Adaptation Needed In Current Climate, 136.

Tomlinson, C. A. (2017). How to differentiate instruction in academically diverse

classrooms. Ascd.

White, F. (1998). The overview effect: Space exploration and human evolution. AIAA.

Widyahening, C. E. (2018). Penggunaan Teknik Pembelajaran Fishbone Diagram Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(1), 11-19. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i1.59

Diterbitkan

2025-10-04