PEMBELAJARAN MENULIS KREATIF CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS VIII SMPN 15 BANDUNG

Authors

  • Cucu Kartini PBS. Indonesia STKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/semantik.v3i1.p%25p

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penggunaan model kontekstualdalam pembelajaran menulis kreatif cerpen. Sumber data adalah karangan siswa SMPNegeri 15 Bandung. Penelitian ini dilaksanakan dengan rancangan kuantitatif denganteknik pengumpulan data dan pengolahan data. Kesimpulan umum yang dapatdikemukakan adalah bahwa hasil kemampuan menulis cerpen dengan menggunakanmodel pembelajaran kontekstual diperoleh skor rata-rata pada pretes 56,1 dan postes79,1. Hasil perhitungan uji signifikan diperoleh harga thitung (32,5) > ttabel (2,76) padataraf kepercayaan 0,99. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modelpembelajaran kontekstual dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam keterampilanmenulis kreatif dalam bentuk cerpen.Kata kunci: menulis kreatif, cerpen, model kontekstual, 

Published

2017-02-24