PEMBELAJARAN MENULIS KREATIF CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS VIII SMPN 15 BANDUNG

Authors

  • Cucu Kartini PBS. Indonesia STKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/semantik.v3i1.p%25p

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penggunaan model kontekstual
dalam pembelajaran menulis kreatif cerpen. Sumber data adalah karangan siswa SMP
Negeri 15 Bandung. Penelitian ini dilaksanakan dengan rancangan kuantitatif dengan
teknik pengumpulan data dan pengolahan data. Kesimpulan umum yang dapat
dikemukakan adalah bahwa hasil kemampuan menulis cerpen dengan menggunakan
model pembelajaran kontekstual diperoleh skor rata-rata pada pretes 56,1 dan postes
79,1. Hasil perhitungan uji signifikan diperoleh harga thitung (32,5) > ttabel (2,76) pada
taraf kepercayaan 0,99. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model
pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam keterampilan
menulis kreatif dalam bentuk cerpen.

Kata kunci: menulis kreatif, cerpen, model kontekstual,

 

Published

2017-02-24