MENJADI GURU SASTRA YANG MENYENANGKAN

Authors

  • Reka Yuda Mahardika STKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/semantik.v1i1.p%25p

Abstract

AbstrakPenuh persoalan! Membosankan! Itulah kalimat singkat yang menjadi pembuka wacana ini. Harus diakui, pengajaran sastra di sekolah dari hari ke hari penuh dengan persoalan yang “itu-itu saja†dan “barangkali†bagi sebagian siswa semakin terasa membosankan. Indikasinya kentara terlihat dari keluhan-keluhan guru, siswa, dan  bahkan para sastrawan. Beragam persoalan yang tersaji yang tidak kunjung terselesaikan, implikasinya berdampak terhadap rendahnya tingkat apresiasi siswa terhadap sastra. Sejatinya keadaan tersebut tidak akan terjadi seandainya guru sebagai ujung tombak pendidikan mampu berpikir dan bertindak kreatif

Published

2012-02-01