PENERAPAN MODEL TONGKAT BERBICARA BERORIENTASI KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BERDEBAT
DOI:
https://doi.org/10.22460/semantik.v2i1.p12%20-%2029Abstract
Penelitian ini berjudul Penerapan Model Tongkat Berbicara Berorientasi Karakter dalam Pembelajaran Debat (Eksperimen terhadap Siswa Kelas X SMANegeri 1 Palimanan Kabupaten Cirebon Tahun Ajaran 2013/2014). Latar belakangpenelitian ini adalah minimnya kompetensi siswa dalam berbicara terutamakemampuan berdebat. Tujuan penelitian ini adalah memberikan alternatif modelpembelajaran berdebat yang meningkatkan kemampuan berdebat sekaligusmenanamkan karakter positif kepada peserta didik. Hipotesis penelitian ini yaitu terdapat perbedaan peningkatan kemampuanberdebat siswa yang menggunakan model tongkat berbicara berorientasi karakterdibandingkan dengan peningkatan kemampuan berdebat siswa yang menggunakanmodel terlangsung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodeeksperimen dengan rancangan The Randomized Pretest-Postest Control GroupDesign. yang diujicobakan kepada popualsi penelitian. Dalam penelitian ini,kelompok eksperimen diberikan perlakuan dengan menggunakan model tongkatberbicara berorientasi karakter sedangkan kelompok kontrol diberi perlakuan modelterlangsung. Berdasarkan hasil perhitungan statistik diperoleh data bahwa t hitung > ttabel = 4,476 > 2,021, sehingga hipotesis yang diajukan penulis dapat diterima. Jadi,dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berdebat siswa yangmenggunakan model tongkat berbicara berorientasi karakter dibandingkan dengansiswa yang menggunakan model terlangsung.Kata kunci: Model Tongkat Berbicara, Pendidikan Karakter, Pembelajaran BerdebatDownloads
Published
2017-08-17
Issue
Section
Artikel