PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI METODE PENGELOMPOKAN IDE (CLUSTERING) BERBASIS MEDIA GAMBAR FOTOGRAFI
DOI:
https://doi.org/10.22460/semantik.v2i1.p52%20-%2066Abstract
Menulis merupakan suatu keterampilan berbahasa yang dipergunakan untukberkomunikasi secara tidak langsung, tidak secara bertatap muka dengan orang lain.Keterampilan menulis merupakan kemampuan mengekspresikan, pikiran, perasaan,pengalaman dalam bentuk tulisan yang disusun secara sistematis dan logis, sehinggatulisanya dapat dipahami oleh pembaca. Hasil studi pendahuluan menunjukkanbahwa pembelajaran menulis di sekolah selama ini belum optimal baik dari segikuantitas maupun kualitas. Metode dan media pembelajaran menulis yangdigunakan oleh guru tidak menarik dan tidak bervariatif. Akibatnya menjadikansiswa sulit mencari dan mengembangkan ide untuk menulis. Penelitian inimenggunakan metode eksperimen kuasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode pengelompokan ide(clustering) berbasis media gambar fotografi efektif digunakan dalam pembelajaranmenulis narasi. Angket dan wawancara menunjukkan respon positif atas penggunaanmetode pengelompokan ide (clustering) berbasis media gambar fotografi dalampembelajaran menulis narasi. Begitu pula hasil akhir penelitian menunjukan bahwasetelah perlakuan metode pengelompokan ide (clustering) berbasis media gambarfotografi, kemampuan menulis narasi siswa mengalami peningkatan rata-rata yangcukup signifikan yakni 70,63 menjadi 78,17; dengan thitung(4,895) > t tabel (1,668).Kata Kunci: Pembelajaran Menulis, Karangan Narasi, Metode Pengelompokan Ide(Clustering), Media Gambar FotografiDownloads
Published
2017-08-17
Issue
Section
Artikel