PENGGUNAAN BAHASA IBU SEBAGAI PENGANTAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA
DOI:
https://doi.org/10.22460/semantik.v4i2.p83%20-%2091Abstract
Bahasa merupakan roda berpikir manusia dalam menuangkan ide,pikiran dan
perasaannya.Berbahasa berarti berperilaku sosial dilingkungan keluarga dan
masyarakat.Bahas sebagai cerminan diri seseorang melalui bahasa seseorang mampu
menunjukan eksistensinya,bahkan kelemahannya.Bhasa yang pertamakali dikuasa
anak saat belajar berbicara adalah bahasa ibu.Berbahasa ibu ini pun beragam,setelah
menguasai bahasa ibu tentunya dengan tuntutan dan motivasi yang beragam seseorang
mempelajari bahasa kedua,bahasa ketiga berdasarkan kebutuhannya.Tentunya
didikung berdasrkan komponen-komponen tertentu. Kedudukan bahasa indosesia
sebagai pengantar pembelajaran merupakan hal yang biasa dan memang wajib.Namun
penggunaan bahasa ibu berbasis bahasa daerah ini sungguh langka terutama dalam
pembelajaran di sekolah formal.Namun Pembelajaran ini dirasa cukup ampuh
diterapakn dalam upaya pelestarian bahasa daerah yang hampir tersisih dengan
banyaknya orang tua yang mengajarkan bahasa pertamanya menggunakan bahasa
nasioanal.Sungguh ironis bak momok yang menakutkan.Semua ini dapat dihindari
dengan menerapkan penggunaan bahasa ibu sebagai pengantar dalam pembelajaran
bahasa kedua disekolah formal.Mengingat kemungkinan-kemungkinan yang bisa
terjadi salahsatu bentuk pengoptimalisasiannya adalah membiasakan,
membudayakan, mempertahankan bahasa ibu (merujuk ke bahasa daerah) yang
mampu mensejajarkan kedudukannya dengan bahasa nasional maupun bahasa
asing.Didukung dengan motivasi dan peran guru dan pihak-pihak yang dapat
memberikan kontribusi dalam pengajaran bahasa di sekolah.
Kata Kunci : Bahasa Ibu, pembelajaran bahasa