PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM MENULIS TEKS BERITA

Authors

  • Dede Atikah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22460/semantik.v4i2.p123%20-%20152

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran menulis teks berita
pada siswa MTs Muhammadiyah 2 Surade yang peneliti amati dalam
pelaksanaannya selama ini hanya sebatas teori. Guru pada umumnya
menerangkan hal-hal yang berkenaan dengan materi menulis saja. Penelitian
ini bertujuan mengetahui: (1) bagaimana pelaksanaan pembelajaran bahasa
indonesia pada materi menulis teks berita di kelas VIII MTs Muhammadiyah
2 Surade saat ini, (2) bagaimana efektivitas penerapan model pembelajaran
berbasis proyek melalui pendekatan kontekstual dalam kemampuan menulis
teks berita pada siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah 2 Surade, dan (3)
bagaimana pengembangan model pembelajaran berbasis proyek melalui
pendekatan kontekstual untuk meningkatkan kemampuan menulis teks berita
pada siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah 2 Surade. Metode penelitian ini
adalah metode Research and Development (R&D). Populasi penelitian ini
adalah siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah 2 Surade. Pengumpulan data
dilakukan melalui teknik observasi, wawancara, angket, dan tes. Untuk
mengembangkan model pembelajaran dilakukan studi pendahuluan,
merancang model, uji coba, revisi, dan membuat model akhir. Setelah model
akhir diperoleh maka diuji cobakan pada siswa dan merangkum respons yang
diberikan siswa. Untuk menganalisis penilaian statistik dalam proses
pelaksanaan tes diterapkan dengan menggunakan uji-t.

Downloads

Published

2017-08-17