PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM MENULIS TEKS BERITA
DOI:
https://doi.org/10.22460/semantik.v4i2.p123%20-%20152Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran menulis teks beritapada siswa MTs Muhammadiyah 2 Surade yang peneliti amati dalampelaksanaannya selama ini hanya sebatas teori. Guru pada umumnyamenerangkan hal-hal yang berkenaan dengan materi menulis saja. Penelitianini bertujuan mengetahui: (1) bagaimana pelaksanaan pembelajaran bahasaindonesia pada materi menulis teks berita di kelas VIII MTs Muhammadiyah2 Surade saat ini, (2) bagaimana efektivitas penerapan model pembelajaranberbasis proyek melalui pendekatan kontekstual dalam kemampuan menulisteks berita pada siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah 2 Surade, dan (3)bagaimana pengembangan model pembelajaran berbasis proyek melaluipendekatan kontekstual untuk meningkatkan kemampuan menulis teks beritapada siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah 2 Surade. Metode penelitian iniadalah metode Research and Development (R&D). Populasi penelitian iniadalah siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah 2 Surade. Pengumpulan datadilakukan melalui teknik observasi, wawancara, angket, dan tes. Untukmengembangkan model pembelajaran dilakukan studi pendahuluan,merancang model, uji coba, revisi, dan membuat model akhir. Setelah modelakhir diperoleh maka diuji cobakan pada siswa dan merangkum respons yangdiberikan siswa. Untuk menganalisis penilaian statistik dalam prosespelaksanaan tes diterapkan dengan menggunakan uji-t.Downloads
Published
2017-08-17
Issue
Section
Artikel