PEMBELAJARAN APRESIASI CERPEN MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS NILAI- NILAI KARAKTER
DOI:
https://doi.org/10.22460/semantik.v4i2.p168%20-%20195Abstract
Pembelajaran apresiasi cerpen pada hakikatnya merupakan kegiatan untukdapat menggauli sebuah karya sastra. Penelitian ini dilakukan untuk dapatmenemukan tiga hal: (1) profil pembelajaran apresiasi cerpen yang selama iniberlangsung di kelas XI SMAN 16 Garut; (2) proses pelaksanaan pembelajaranapresiasi cerpen yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learningberbasis nilai-nilai karakter di kelas XI SMA N 16 Garut; (3) efektivitas pembelajaranapresiasi teks cerpen dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learningberbasis nilai-nilai karakter di kelas XI SMAN 16 Garut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuasi eksperimen. Adapunpopulasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI SMAN 16 Garut tahun ajaran 2014-2015. Dari populasi tersebut diambil sampel sebanyak dua kelas dengan cara diundi yaitukelas XI IPA 1 dan kelas XI IPA 4. Teknik pengambilan sampel dilakukandengan cara memilih dua kelas untuk djadikan sampel penelitian . Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan data diperoleh kesimpulan bahwa:(1) profil pembelajaran apresiasi cerpen siswa SMAN 16 Garut kelas XI tahun ajaran2014-2015 kurang mengaktifkan siswa dalam belajar, karena masih menggunkanmodel pembelajaran ekspositori; (2) proses pelaksanaan pembelajaran apresiasicerpen yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning berbasis nilainilaikarakter di kelas XI SMA N 16 Garut tahun ajaran 2014-2015 dilaksanakan dengan tiga kali perlakuan mengikuti tahapan-tahapan sesuai dengan konsep yang tertera dalam model pembelajaran Discovery Learning yaitu: Stimulation (stimulasi/pemberian rangsangan), Problem Statement (pernyataan/identifikasi masalah), Data Collections (pengumpulan data), Data Processing (pengolahan data), Verification (pembuktian), dan Generalization (menarik kesimpulan/generalisasi); (3) model pembelajaran Discovery Learning berbasis nilai-nilai karakter efektif diterapkan dalam pembelajaran apresiasi cerpen pada siswa SMAN 16 Garut kelas XI tahun ajaran 2014-2015 karena hasil uji signifikansi dengan uji t, diperoleh hasil t hitung lebih kecil dari t tabel yaitu 0,000<0,05.Kata kunci: Pembelajaran apresiasi cerpenDownloads
Published
2017-08-17
Issue
Section
Artikel