PEMBELAJARAN APRESIASI CERPEN MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS NILAI- NILAI KARAKTER

Authors

  • Iin Indriyani STKIP GARUT

DOI:

https://doi.org/10.22460/semantik.v4i2.p168%20-%20195

Abstract


Pembelajaran apresiasi cerpen pada hakikatnya merupakan kegiatan untuk
dapat menggauli sebuah karya sastra. Penelitian ini dilakukan untuk dapat
menemukan tiga hal: (1) profil pembelajaran apresiasi cerpen yang selama ini
berlangsung di kelas XI SMAN 16 Garut; (2) proses pelaksanaan pembelajaran
apresiasi cerpen yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning
berbasis nilai-nilai karakter di kelas XI SMA N 16 Garut; (3) efektivitas pembelajaran
apresiasi teks cerpen dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning
berbasis nilai-nilai karakter di kelas XI SMAN 16 Garut.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuasi eksperimen. Adapun
populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI SMAN 16 Garut tahun ajaran 2014-2015. Dari populasi tersebut diambil sampel sebanyak dua kelas dengan cara diundi yaitu

kelas XI IPA 1 dan kelas XI IPA 4. Teknik pengambilan sampel dilakukan
dengan cara memilih dua kelas untuk djadikan sampel penelitian .
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan data diperoleh kesimpulan bahwa:
(1) profil pembelajaran apresiasi cerpen siswa SMAN 16 Garut kelas XI tahun ajaran
2014-2015 kurang mengaktifkan siswa dalam belajar, karena masih menggunkan
model pembelajaran ekspositori; (2) proses pelaksanaan pembelajaran apresiasi
cerpen yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning berbasis nilainilai
karakter di kelas XI SMA N 16 Garut tahun ajaran 2014-2015 dilaksanakan dengan tiga kali perlakuan mengikuti tahapan-tahapan sesuai dengan konsep yang tertera dalam model pembelajaran Discovery Learning yaitu: Stimulation (stimulasi/pemberian rangsangan), Problem Statement (pernyataan/identifikasi masalah), Data Collections (pengumpulan data), Data Processing (pengolahan data), Verification (pembuktian), dan Generalization (menarik kesimpulan/generalisasi); (3) model pembelajaran Discovery Learning berbasis nilai-nilai karakter efektif diterapkan dalam pembelajaran apresiasi cerpen pada siswa SMAN 16 Garut kelas XI tahun ajaran 2014-2015 karena hasil uji signifikansi dengan uji t, diperoleh hasil t hitung lebih kecil dari t tabel yaitu 0,000<0,05.

Kata kunci: Pembelajaran apresiasi cerpen

Downloads

Published

2017-08-17