PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA DALAM MENULIS CERPEN MELALUI METODE PEMETAAN PIKIRAN (MIND MAPPING)

Authors

  • Sary Sukawati STKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/semantik.v5i1.p%25p

Abstract


Abstrak: Tulisan ini berupaya untuk memberikan solusi alternatif bagi
permasalahan pembelajaran Bahasa Indonesia terutama pada pembelajaran
sastra. Pembelajaran sastra saat ini merupakan bagian dari pembelajaran
bahasa Indonesia yang mendapatkan porsi lebih kecil dibandingkan dengan
kebahasaan. Hanya sedikit materi kesastraan diajarkan di kelas
dibandingkan dengan materi kebahasaan. Kenyataan lain, bahwa dengan
porsi yang hanya sedikit tersebut, faktanya pembelajaran sastra masih
memiliki problematikanya sendiri. Permasalahan mengenai metode
pembelajaran sastra yang dianggap monoton kerap dirasakan oleh siswa.
Banyak faktor dan akibat yang ditimbulkan dari pembelajaran yang monoton
tersebut. Salah satunya adalah kebekuan ide. Pada penelitian ini, metode
alternatif yang diterapkan dalam pembelajaran menulis cerpen adalah
metode mind mapping. Melalui tahapan-tahapan dalam metode mind
mapping siswa dapat mengembangkan ide dan pikirannya sebelum menulis
sebuah cerpen, sehingga cerpen yang dihasilkan lebih kaya dan kreatif. Hasil
penelitian telah menunjukkan bahwa penerapan metode mind mapping efektif
untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran menulis cerpen.
Peningkatan yang dihasilkan mencapai 3,5% sampai 43,5%.
Kata Kunci: metode mind mapping, kreativitas, dan menulis cerpen.

 

Downloads

Published

2016-02-01