DISPOSISI STATISTIS MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN STATISTIKA DASAR

Bambang Avip Priatna Martadiputra

Abstract


Tulisan ini berisi hasil penelitian tentang disposisi statistis mahasiswa S1 pendidikan matematika yang mengikuti perkuliahan Statistika Dasar pada sebuah Perguruan Tinggi Negeri di Kota Bandung. Disposisi statistis atau disposisi produktif terhadap statistika sebagai kecenderungan seseorang mahasiswa untuk berpikir dan berbuat dengan cara yang positif dan konstruktif yang berlangsung dalam kegiatan statistis. Hasil penelitian menginformasikan bahwa disposisi statistis mahasiswa pada awal semester, tangah semester, dan pada akhir semester masih belum optimal. Infromasi tersebut mengindikasikan bahwa model atau pendekatan pembelajaran statistika dasar yang digunakan oleh dosen kurang efektif untuk meningkatkan disposisi statistis mahasiswa.

 

Kata kunci: disposisi statistis

 

 

This paper contains the results of research on the disposition  statistical for mathematics education students attending Basic Statistics at the State University in Bandung. The disposition statistical or productive disposition as a tendency of student  to think and act in a positive and constructive in statistical activities. The results inform that the disposition statistical of student in the early of the semester, the hands of the semester, and at the end of the semester is not optimal. The information indicates that the model or approach of learning to basic statistics used of teacher is less effective to enhance of the student's  disposition statistical.


Keywords: statistical disposition

 




DOI: https://doi.org/10.22460/infinity.v1i2.p169-177

Article Metrics

Abstract view : 501 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 457 times

Refbacks