Main Article Content

Abstract

ABSTRAKTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran matematika setelah dilakukan pengembangan media game interaktif bilingual berbasis pendidikan karakter pada siswa kelas XII IPS 4 SMAN I EX RSBI Karanganyar. Pengembangan media dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan penguasaan konsep materi siswa yang ditinjau dari kemampuan kognitif dan karakter siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek siswa kelas XII IPS 4 SMAN 1 EX RSBI Karangayar.  Dibuat skenario dalam setiap siklus dengan tiga kali pertemuan dengan terlebih dahulu dilakukan pengukuran terhadap kemampuan kognitif dan karakter pada masa pra-siklus. Tiap pertemuan pada masing-masing siklus dilakukan observasi terhadap penguasaan konsep yang diukur dari kemampuan kognitif siswa dan karakter siswa. Hasil penelitian tindakan kelas pada kelas XII IPS 4 SMAN 1 Karanganyar adalah sebagai berikut 1) Pembelajaran matematika pada siswa kelas X SMAN I EX RSBI Karanganyar setelah dilakukan pengembangan media game interaktif bilingual berbasis pendidikan karakter pada pembelajaran Matapelajaran matematika berjalan dengan baik dan lancar. Salah satu indikasi dari terjadinya peningkatan penguasaan konsep materi siswa yang diukur dari kemampuan kognitif siswa, rerata prestasi siswa pada pra-siklus sebesar 53,03, meningkat pada siklus 1 sebesar 82,09 dan kembali meningkat pada siklus 2 sebesar 82,94. 2) Karakter siswa yang diukur antara lain religius, jujur, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, bersahabat/ komunikatif, senang membaca, peduli sosial, peduli lingkungan, tanggung jawab. Terjadi peningkatan kriteria karakter siswa. Jika pada pra-siklus kriteria karakter siswa cukup baik maka pada siklus 1 dan 2 meningkat menjadi baik.Kata Kunci    : bilingual, game, interaktif, karakter  ABSTRACTThe purpose of this study to investigate the learning of mathematics after the development of interactive gaming media bilingual character education based on class XII students of SMAN I EX IPS 4 Karanganyar RSBI. Media development was conducted to determine whether there is a material increase student mastery of concepts in terms of students' cognitive abilities and also the students character. This research is action class with the subjects are students in the class XII IPS 4 of SMAN 1 EX RSBI Karangayar. Scenarios created in each cycle with three meetings with prior measurements on cognitive abilities and character in pre-cycle. Each meeting of each cycle was the observation of the measured concept of astery students' cognitive abilities and character of student. Action research results on class XII IPS 4 SMAN 1 Karanganyar are as follows 1) Learning mathematics in class X SMAN I EX RSBI Karanganyar after the development of interactive gaming media bilingual education based on learning character mathematics lesson goes well and smoothly. One indication of the increasing student mastery of the material being measured concept of cognitive abilities of students, the average achievement of students in pre-cycle was 53,03, an increase in cycle 1 at 82,09 and its increased again in cycle 2 is 82,94. 2) The character of students measured which are religious, honest, disciplined, work hard, creative, independent, democratic, curiosity, recognize excellence, friendship / communicative, happy reading, social care, care for the environment, responsibility. There are an increase in students' character criteria. If the pre-cycle criteria quite well the character of students in cycle 1 and 2 increased to well.Keywords      :  bilingual, character, games, interactive

Article Details