Main Article Content

Abstract

ABSTRAKKebiasaan berpikir (habits of mind) memiliki peranan penting dalam proses pembelajaran dan perkembangan individu dalam membantu memecahkan masalah. Habits Of Mind (HOM) adalah kebiasaan berpikir secara fleksibel, mengelola secara empulsif, mendengarkan dengan empati, membiasakan mengajukan pertanyaan, kebiasaan menyelesaikan masalah secara efektif, membiasakan menggunakan pengetahuan masa lalu untuk situasi baru, membiasakan berkomunikasi, berpikir jernih dengan tepat, menggunakan semua indera ketika mengumpulkan informasi, mencoba cara berbeda dan menghasilkan ide-ide yang baru, kebiasaan untuk merespon, kebiasaan untuk mengambil resiko, biasa bertanggung jawab, memiliki rasa humor, membiasakan berpikir interaktif dengan orang lain, bersikap terbuka dan mencoba terus-menerus. Hal ini sejalan dengan tujuan Kurikulum 2013, yaitu mempersiapkan generasi bangsa agar memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara yang produktif, kreatif, inovatif, dan afektif. Artikel ini dikaji didasarkan atas analisis terhadap: (1) karakteristik matematika, (2) habits of mind matematis, dan (3) disposition contoh strategi HOM dalam pembelajaran matematika yang dikembangkan pada siswa.Kata Kunci    : Pembelajaran, Karakteristik Matematika, Habits of Mind Matematis ABSTRACTHabits of mind have an important role in the learning process and the development of individuals in helping to solve the problem. Habits Of Mind (HOM) is the habit of thinking flexibly, manage empulsif, listening with empathy, get used to ask questions, solve problems effectively habit, the habit of using past knowledge to new situations, to get used to communicate, think clearly, precisely, using all the senses when gathering information, trying different ways and generate new ideas, habits to respond, the habit to take risks, the usual charge, have a sense of humor, familiarize interactive thinking with others, be open and try constantly. This is in line with the curriculum goals in 2013, which is preparing a generation of people that have the ability to live as individuals and productive citizens, creative, innovative, and affective. This article is assessed based on an analysis of: (1) the characteristics of mathematics, (2) the mathematical habits of mind, and (3) disposition example HOM in mathematics learning strategies developed in students.Keywords: Learning, Mathematics Characteristics, Habits of Mind Mathematics

Article Details

Author Biography

Bety Miliyawati

Mahasiswa Pascasarjana,Universitas Pendidikan Indonesia

References

  1. Costa, A. dan Kallick, B. (2008). Describing 16 Habits of Mind. [Online]. Tersedia: http://www.habits-of-mind.net/pdf/16HOM2.pdf. [17 April 2013].
  2. Cuoco, AL., J. et al. (2010). Habits of Mind. An Organizing Principle For Mathematcs Curricula. Journal of Mathematical Behavior 15, 375-402.
  3. Departemen Pendidikan Nasional, (2004). Kurikulum 2004. Standar Kompetensi Mata Pelajaran Matematika, Puskur, Jakarta.
  4. Goetz, J. (2004). Top Ten Thoughts about Communication in Mathematics. [Online]. Tersedia: http://www.kent.k12.wa.us/KSD/IS/communication_ in_math.htm. [7 Oktober 2013].
  5. Goldenberg.et.al (2002) . “Mathematical Habits of Mind Young Children” [ Online]. Tersedia: http//www.google.com [29 April 2013].
  6. Hein,G.E.(1996).Constructivism Learning Theory. [Online]. Tersedia: http://www.exploratorium.edu/ifi/resources/constructivistlearning.html.[25 Mei 2013]
  7. Lim, K. (2009). Undesirable Habits of Mind of Pre-service Teachers: Strategies for Addressing Them.[Online]. Tersedia: http://www.math.utep. edu/Faculty/kienlim/HOM_2009_Lim.pdf. [5 September 2013]
  8. Liz, B et al. (2006). Exemplification in Mathematics Education. Dalam Proceeding of the 30th Conference of the International Group for the Psychology of Mathematics Education. [Online]. Tersedia: http://mcs. open.ac.uk/jhm3/PME30RF/PME30RFPaper.pdf. 13 Juli 2013]
  9. Mahmudi, A. (2010). Pengaruh Pembelajaran dengan Strategi MHOM Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif, Kemampuan Pemecahan Masalah, dan Disposisi Matematis, serta Persepsi terhadap Kreativitas. Disertasi pada Sekolah pascasarjana UPI. Diterbitkan pada Jurnal Educationist, UPI, Januari 2011.
  10. Millman, R.S. & Jacobbe, T. (2008). Fostering Creativity in Preservice Teachers Through Mathematical Habits of Mind. Proceeding of the Discussing Group 9. The 11th International Congress on Mathematical Education. Monterrey, Mexico, July 2012. [Online]. Tersedia: http://dg.icme11.org/document/ get/272. [10 November 2013].
  11. Miliyawati, B. (2012). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Self-Efficacy Matematis Siswa SMA dengan Menggunakan Pendekatan Investigasi. Tesis pada PPs UPI Bandung: Tidak diterbitkan.
  12. Mullis, I.V.S., Martin, M.O., Foy P., & A. (2012). TIMSS 2011 International Result in Mathematics. Netherlands: IEA.
  13. Pearson Education. (2000). Mathematical Disposition. [Online] Tersedia: http://www.teachervision.fen.com/math/teacher-training/55328.html? for_printing=1. [24 Mei 2013]
  14. Polya, G. (1973). How to Solve It. A New Aspect of Mathematical Method. New Jersey: Princenton University Press
  15. Slavin, R.E (2000). Education Psychology: Theory and Practice. Sixth Edition. Boston: Allyn and Bacon.
  16. Sumarmo. (2010). Berpikir Matematik, Apa, Mengapa, dan bagaimana Dikembangkan pada peserta didik. Bandung: Makalah Tidak Dipublikasikan.
  17. Umar, W. (2013). Pengembangan Mathematical Thinking Berorientasi pada Gaya Kognitif dan Budaya Siswa. Makalah diterbitkan pada jurnal pendidikan Matematika UM. Malang