INTEGRASI MATEMATIKA DAN ISLAM DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Samsul Maarif

Abstract


ABSTRAK

Pembelajaran matematika harus mengalami perubahan dalam konteks perbaikan mutu pendidikan sehingga dapat meningkatkan hasil pembelajaran yang optimal. Oleh karena itu, upaya terus dilakukan untuk terwujudnya suatu pembelajaran yang inovatif sesuai dengan perkembangan zaman dan tekhnologi. Disamping pendidikan diselaraskan dengan kemajuan teknologi, pendidikan juga diharapkan dapat membangun nilai dan watak dari setiap peserta didik melalui nilai-nilai agama.Al-Quaran merupakan kitab suci umat islam yang merupakan sumber dari segala sumber ilmu. Keagungannya tidak akan tertandingi dan tak jua lekang oleh zaman. Oleh karenaya kita sebagai umat muslim patut dan menjadi keharusan menjadikan Al-Quran sebagai rujukan utama untuk pengembangan ilmu sebelum merujuk kepada teori ataupun konsep-konsep lainnnya. Pandangan seperti tersebut tidaklah salah karena Al-Quran sangat berpengaruh pada pengembangan bidang ilmu. Hal tersebut terlihat jelas adanya penghargaan yang teramat tinggibagi mereka yang beriman dan berilmu dibandingkan dengan orang yang biasa-biasa saja.Hal tersebut menunjukan Al-Quran sangat konsen dalam perkembangan ilmu pengetahuan. Oleh sebab itu, perlu kiranya dunia pendidikan tidak terkecuali dalam pembelajaran matematika mengintegrasikan nilai-nilai yang terkandung dalam agama islam dalam setiap pembelajaran. Sehingga, selain dapat mempelajari matematika siswa juga dapat mempelajari keagungan Alloh melalui pendekatan materi-materi matematika.

Kata Kunci    :   Islam, Matematika, Pembelajaran Matematika

 

ABSTRACT

Learning mathematics should be amended in the context of improvement of the quality of education so as to enhance the optimal learning outcomes. Therefore, efforts continue to be made to the realization of an innovative learning in accordance with the times and technology. Besides education aligned with technological advances, education is also expected to build the value and character of each learner through the values agama.Al-Quaran the holy book of Islam that is the source of all sources of knowledge. Greatness will not be incomparable and was nevertheless timeless. By karenaya we as Muslims should and it becomes imperative to make Al-Quran as the main reference for the development of science before referring to theories or concepts sharing. Such a view is not wrong because the Koran is very influential in the development of science. It is clear that there are very tinggibagi award those who believe and knowledgeable than those with ordinary saja.Hal is showing Koran is very concerned with the development of science. Therefore, it is important the world of education is no exception in mathematics learning integrates the values contained in the religion of Islam in every lesson. Thus, in addition to studying math students can also learn the majesty of Allah through mathematical approach to materials.

Keywords:            Islam, Mathematics, Mathematics Education


References


Fathani, A.H. (2009). Matematika Hakikat & Logika. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Hamalik, O. (2010). .Proses Belajar mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara

Hamalik, O. (2003). UU no 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Deprtemen Pendidikan . Jakarta.

Hernadi, J. (2008). Metode Pembuktian Matematika. UNSRI: Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 2, No. 1, Januari 2008

Ruseffendi, E.T. (2005). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensi Dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA, Bandung : Tarsito.

Suparni (2011). Peningkatan Keimanan dan Ketaqwaan dengan Pembelajaran Matematika.Makalah disajikan pada Diskusi IlmiahFakultas sains dan Teknologi UIN Sunan KalijagaYogyakarta

Wiradisuria, S. (2011). The Road to Happiness. Depok: PT. Khanza Mimbar Plus.




DOI: https://doi.org/10.22460/infinity.v4i2.p223-236

Article Metrics

Abstract view : 4602 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 4603 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.