THE ANALYIS OF DISCRIMINATING POWER OF ENGLISH SUMMATIVE TEST
DOI:
https://doi.org/10.22460/p2m.v3i2p59-67.628Keywords:
Analisis, Daya Pembeda dan Tes Sumatif Bahasa InggrisAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis daya pembeda dari tes sumatif bahasa Inggris kelas dua SMP N 2 Padalarang. Melalui penelitian ini, diharapkan guru maupun para pembuat tes mendapatkan pengetahuan, gagasan dan pemahaman cara membuat test yang baik dan benar terutama pada bagian kualitas daya pembeda tes summatif bahasa Inggris, sehingga guru atau para pembuat tes dapat menyuguhkan soal yang sesuai dengan standar dan membantu siswa- siswa yang mendapatkan nilai rendah. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian analisis deskriptif karena penelitian ini menggambarkan kondisi objektif daya pembeda tes summative bahasa Inggris pada semester genap siswa kelas dua SMP N 2 Padalarang dengan menganalisis kemampuan butir – butir soal tes summative bahasa Inggris untuk membedakan  kemampuan  para  siswa antara satu sama yang lainnya.  Penelitian  ini  juga termasuk  penelitian kuantitatif, karena peneliti menggunakan beberapa data penghitungan yang dianalisa dengan statistik. Hasil temuan penelitian ini menyatakan bahwa tes sumatif bahasa Inggris yang diujikan pada siswa kelas kedua SMP N 2 Padalarang memiliki daya pembeda yang baik, karena 35 item dengan kategori 0.25 sampai 0.75 atau 70% dari item tes telah memenuhi kriteria dengan daya diskriminasi positif.Downloads
Published
2016-11-30
Issue
Section
Artikel