DEVELOPING MATERIAL DEVELOPMENT GUIDELINE OF LISTENING FOR GENERAL COMMUNICATION

Authors

  • Ningtyas Orilina Argawati STKIP Siliwangi Bandung
  • Lilis Suryani STKIP Siliwangi Bandung

DOI:

https://doi.org/10.22460/p2m.v3i2p92-96.631

Keywords:

mendengarkan, pengembangan materi, R & D pendidikan

Abstract

Mendengarkan merupakan keterampilan penting yang harus dipelajari oleh siswa, Termasuk siswa dalam program pendidikan bahasa Inggris dari STKIP Siliwangi Bandung. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan belajar siswa. Sebagai media, buku saja mengambil peran penting untuk memfasilitasi kegiatan belajar siswa selama mendengarkan. Studi ini mengkaji cocok jenis which atau kriteria harus menjadi yang terbaik untuk mendukung mendengarkan belajar siswa. Selain itu, penelitian ini bermaksud untuk fokus pada pengembangan materi pengembangan pedoman untuk mendengarkan which komunikasi umum cocok untuk mahasiswa di STKIP Siliwangi Bandung. Penelitian ini dilakukan oleh Pendidikan R & D (Borg dan Gall, 1983). metode semacam ini meliputi empat langkah utama; mereka adalah pengantar (kondisi yang ada dan analisis kebutuhan), pengembangan produk, pengujian, dan penyebaran. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa ada lima aspek dalam mendengarkan which diperlukan untuk dilampirkan dalam mendengarkan materi komunikasi umum; mereka mengakui suara khas, memahami makna, menanggapi fungsi komunikasi, situasi, peserta, dan tujuan, inferensia arti harfiah dan tersirat, informasi baru, informasi yang diberikan, ide-ide utama dan mendukung ide-ide, dan yang terakhir adalah menebak kata-kata, perangkat kohesif, dan kelas kata gramatikal.

Published

2016-11-30