DIAGNOSIS KESULITAN BELAJAR SISWA SMK BAKTI NUSANTARA 666

Tita Rosita

Abstract


Pendidikan merupakan proses untuk membantu manusia dalam mengembangkan dirinya sehingga mampu menghadapi setiap perubahan yang terjadi. Namun ada beberapa hal yang menjadi tantangan dalam proses pendidikan yaitu keberagaman siswa; ada siswa yang mudah dalam memahami setiap pelajaran yang disampaikan gurunya sehingga nilai yang diperoleh selalu bagus, akan tetapi ada juga siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar sehingga harus beberapakali mendapat penjelasan dari guru untuk memahami pelajaran. Perlunya diadakan diagnosis belajar karena berbagai hal. Pertama, setiap siswa hendaknya mendapat kesempatan dan pelayanan untuk berkembang secara maksimal. Kedua, adanya perbedaan kemampuan, kecerdasan, bakat, minat dan latar belakang lingkungan masing-masing siswa. Ketiga, sistem pengajaran di sekolah seharusnya memberi kesempatan pada siswa untuk maju sesuai dengan kemampuannya. Dan keempat, untuk menghadapi permasalahan yang dihadapi oleh siswa, hendaknya guru beserta BK lebih intensif dalam menangani siswa dengan menambah pengetahuan, sikap yang terbuka dan mengasah ketrampilan dalam mengidentifikasi kesulitan belajar siswa.




DOI: https://doi.org/10.22460/q.v2i2p51-60.834

Article Metrics

Abstract view : 31 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.