STUDI DESKRIPTIF TENTANG METODE HYPNOTEACHING PADA ANAK USIA DINI

Authors

  • ifat fatimah zahro PG PAUD IKIP Siliwangi
  • rohmalina rohmalina PG PAUD IKIP Siliwangi
  • heni nafiqoh PG PAUD IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/ts.v5i2p64-72.1473

Abstract

Metode Hypnoteaching merupakan suatu keahlian untuk memberikan ‘pesan’ ke dalam bawah sadar sehingga anak tersebut terdorong untuk melaksanakan pesan tersebut. Pesan yang dimaksud adalah sugesti berisi serangkaian kalimat verbal yang diucapkan oleh guru kepada anak dengan tujuan yang mengarah pada pencapaian tujuan pembelajaran. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui dan menggambarkan pelaksanaan pembelajaran dengan metode Hypnoteaching di lembaga PAUD berikut faktor penghambat dalam penggunaan metode ini. Jadi fokus masalah dalam penelitian ini yakni belum optimal penggunaan metode yang digunakan dalam upaya pembelajaran yang menyenangkan bagi anak dan minimnya kemampuan sebagian guru dalam penggunaan beragam metode yang sesuai dengan tahap usia anak. Metode penelitian yang digunakan adalah studi deskriptif dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Lokasi dan subjek yang diteliti ialah PAUD Terpadu Tunas Siliwangi, anak usia 4-5 tahun dan guru. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru melakukan beberapa tahapan yang teorinya menggunakan teknik sugesti serta pola interaktif. sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna dan mampu memberikan perubahan pada anak.Kata kunci: Metode Hyphnoteaching,anak usia dini

References

Pertiwi, Hana. 2014. Hypnoteaching Untuk PAUD dan TK. Penerbit DIVA Press Yogyakarta.

Kurnia, E., Fadillah, F., & Halida, H. (2017). Pengenalan Matematika Melalui Metode Hypnoteaching Di Paud Rosella Pontianak Utara. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(11), 1–10.

Masdudi. (2018). IMPLEMENTASI TEKNIK HYPNOTEACHING. Awlady:Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 20–45.

Olivya, Marta; Yuniarni, D. (2019). Penerapan metode hypnoteaching mengembangkan kognitif anak usia 5-6 tahun di tk bruder nusa indah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(9), 1–10.

Suharyati, Henny, M. S. (2018). Dicari: GURU PAUD INOVATIF.

Downloads

Published

2019-10-31

Most read articles by the same author(s)