HUBUNGAN KECERDASAN EMOSI DENGAN AGRESIVITAS PADA SISWA SMK
DOI:
https://doi.org/10.22460/quanta.v6i3.3336Abstract
Remaja ialah transisi dari anak-anak menuju dewasa. Transisi ini sering menjadi permasalahan dikarenakan banyaknya tugas perkembangan yang harus dilalui remaja. Hal ini menyebabkan remaja mengalami stres sehingga memiliki emosi yang tidak dapat dikendalikan. Dari ketidakmampuan mengendalikan emosi membuat remaja melakukan hal negatif yaitu perilaku agresif kepada orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosi dengan agresivitas pada siswa SMKN 4 Kota Semarang. Jenis penelitian ini ialah ex post facto dengan desain kuantitatif korelasional. Populasi penelitian ini siswa kelas X dan XI SMK Negeri 4 Semarang berjumlah 1218 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate stratified random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 275 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan skala psikologis kecerdasan emosi sebanyak 32 item dan skala psikologis agresivitas sebanyak 24 item. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dan regresi linear sederhana.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosi berada pada kategori tinggi dengan persentase 69,04% dan untuk agresivitas berada pada kategori rendah dengan persentase 49,33%. Hasil uji regresi yaitu ada hubungan negatif yang signifikan sebesar -0,194 dengan signifikansi 0,001 (<0,005). Hal ini berartikan bahwa semakin tinggi kecerdasan emosi seseorang maka semakin rendah agresivitas yang dimilikinya. Dari temuan berikut maka disarankan bagi guru BK untuk terus meningkatkan layanan BK dalam segala setting untuk menumbuhkan kecerdasan emosi dan mereduksi agresivitas yang muncul pada diri siswa.Kata kunci : kecerdasan emosi, agresivitas, SMK, remajaReferences
Annisavitry, Y., & Budiani, M. S. (2017). Hubungan antara kematangan emosi dengan agresivitas pada remaja. Character: Jurnal Penelitian Psikologi., 4(1), 1–6.
Azwar, S. (2013). Metode Penulisan. Pustaka Pelajar.
Dalbudak, İ., & Çelik, S. (2019). Investigation of Aggression and Emotional Intelligence Characteristics of the Students from Faculty of Sport Sciences and State Conservatory of Turkish Music. International Education Studies, 12(9), 117. https://doi.org/10.5539/ies.v12n9p117
Dewi. W, S. S. (2017). Kecerdasan Emosi dan Perilaku Agresi di Social Media Pada Remaja Waya Ratna Dewi, dan Siti Ina Savira Program Studi Psikologi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Psikologi, 7(2), 82–87.
Downey, L. A., Johnston, P. J., Hansen, K., Birney, J., & Stough, C. (2010). Investigating the mediating effects of emotional intelligence and coping on problem behaviours in adolescents. Australian Journal of Psychology, 62(1), 20–29. https://doi.org/10.1080/00049530903312873
GarcÃa-Sancho, E., Salguero, J. M., & Fernández-Berrocal, P. (2014). Relationship between emotional intelligence and aggression: A systematic review. Aggression and Violent Behavior, 19(5), 584–591. https://doi.org/10.1016/j.avb.2014.07.007
Guswani, A. M., & Kawuryan, F. (2011). Perilaku Agresi Pada Mahasiswa Ditinjadu Dari Kematangan Emosi. Jurnal Psikologi: PITUTUR, I(2), 86–92.
Illahi, U., Neviyarni, N., Said, A., & Ardi, Z. (2018). Hubungan antara kecerdasan emosi dengan perilaku agresif remaja dan implikasinya dalam bimbingan dan konseling. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 3(2), 68. https://doi.org/10.29210/3003244000
Kirkbir, F. (2020). Effect of Emotional Intelligence Education on Psychological Well-Being and Aggression of Athlete Students at the Karadeniz Technical University. African Educational Research Journal, 8(8), 146–151. https://doi.org/10.30918/AERJ.8S1.20.023
Krahe, B. (2005). Perilaku Agresif. (terjemahan: Agustin Hartini). Pustaka Pelajar.
Santoso, S. W. (2011). Keterlibatan, Keberhagaan, dan Kompetensi Sosial sebagai Prediktor Kompetisi pada Remaja (Self Explosure). Jurnal Psikologi, 38 (1), 52–60.
Swadnyana, I. P. B., & Tobing, D. H. (2019). Hubungan antara kecerdasan emosional dan agresivitas pada remaja madya di SMA Dwijendra Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 6(01), 120. https://doi.org/10.24843/jpu.2019.v06.i01.p12
Yusuf, S. (2012). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Remaja Rosdakarya.
Zaky Rinanda, F. (2017). Hubungan Antara Kecerdasan Emosi dengan Agresivitas pada Atlet Futsal. Gadjah Mada Journal of Psychology, 3(1), 37–44.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 QUANTA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The author is responsible for acquiring the permission(s) to reproduce any copyrighted figures, tables, data, or text that are being used in the submitted paper. Authors should note that text quotations of more than 250 words from a published or copyrighted work will require a grant of permission from the original publisher to reprint. The written permission letter(s) must be submitted together with the manuscript.