PENGARUH EKSTRAKULER BAHASA TERHADAP MINAT KARIER STUDI LANJUTAN BAHASA ASING PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS DAN KEJURUAN DI KAB. SUMEDANG
DOI:
https://doi.org/10.22460/quanta.v6i3.3362Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan profil minat studi lanjut bahasa asing di perguruan tinggi dan pengaruh ekstrakulikuler bahasa asing di sekolah menenga atas maupun kejuruan di kab. Sumedang pada tahun ajaran 2021/2022. dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner minat studi lanjut dan keaktifan kegiatan ekstrakulikuler. Data dianalisis dengan menggunakan skala likert untuk mengukur pendapat responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Profil minat studi lanjut bahsa asing di perguruan tinggi siswa sekolah menengah atas maupun kejuruan di kab. Sumedang memiliki kategori tinggi.(2) Berdasarkan hasil analisis uji parametrik data minat studi lanjut dan ekstrakulikuler bahasa asing diperoleh ada pengaruh signifikan kegiatan ekstrakulikuler bahasa asing dengan minat studi lanjut bahasa asing di perguruan tinggi dengan nilai signifikasi 0,025.
Kata Kunci: Minat studi lanjut, kegiatan ekstrakulikuler bahasa asing.
References
Afriwinanda, E. (2019). Hubungan antara Konsep Diri dengan Perencanaan Karier pada Siswa Kelas XII SMK Negeri 4 Surakarta. Skripsi. Tidak diterbitkan. Surakarta: Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta
Azwar, I. (2019). Pengaruh Pengembangan Budaya Kewarganegaraan (Civic Culture) melalui Kegiatan Ekstrakurikuler terhadap Pengembangan Sikap Patriotisme (Studi Deskriptif Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Rangka Pengembangan Budaya Kewarganegaraan di SMA Negeri di Kota Pontianak). Thesis, Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.
Hapsari, U.R. (2017). Hubungan antara Minat Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler dengan Intensi Delinkuensi Remaja Pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Semarang. Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro , hlm. 1-24.
Kartono, Kartini. (1985). Bimbingan Belajar di SMA dan Perguruan Tinggi. Jakarta: Rajawali.
Kep. Mendiknas Nomor 080/U/1993. www.pusdiknakes.or.id/. Diakses: 10 Oktober 2021.
Khodijah, N. (2018). Program Hipotetik Bimbingan dan Konseling untuk Meningkatkan Perilaku Sosial Peserta Didik (Studi Deskriptif terhadap Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 5 Bandung Tahun Akademik 2012/2013). Skripsi Sarjana, Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung
Matinggwan. (2010). Minat Siswa Smp N 9 Yogyakarta Melanjutkan Ke SMK. Laporan penelitian UNY.
Muhibbin Syah. (2007). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nopiyanti. (2017). Pengaruh Ekstrakurikuler Pramuka terhadap Pengembangan Sikap Demokratis Siswa. Skripsi Sarjana, Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.
Kusumawati, M. (2019). Dampak Kegiatan Ekstrakurikuler Olahraga terhadap Perilaku Sosial. Jurnal Kependidikan, 1 (3), hlm. 13-25.
Panggih Pribadi.(2010). Hubungan Lingkungan Keluarga Dan Teman Sebaya Dengan Minat Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Siswa Kelas Iii Smk Negeri 1 Sedayu Tahun Ajaran 2009/2010. Laporan penelitian UNY
Suherman, Uman. (2009). Konseling Karier Sepanjang Rentang Kehidupan. Badung: Program Studi BK SPs UPI Bandung
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 QUANTA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Quanta: Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Authors who publish with the Quanta Journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.