PENGARUH EKSTRAKULER BAHASA TERHADAP MINAT KARIER STUDI LANJUTAN BAHASA ASING PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS DAN KEJURUAN DI KAB. SUMEDANG
DOI:
https://doi.org/10.22460/quanta.v6i3.3362Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan profil minat studi lanjut bahasa asing di perguruan tinggi dan pengaruh ekstrakulikuler bahasa asing di sekolah menenga atas maupun kejuruan di kab. Sumedang pada tahun ajaran 2021/2022. dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner minat studi lanjut dan keaktifan kegiatan ekstrakulikuler. Data dianalisis dengan menggunakan skala likert untuk mengukur pendapat responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Profil minat studi lanjut bahsa asing di perguruan tinggi siswa sekolah menengah atas maupun kejuruan di kab. Sumedang memiliki kategori tinggi.(2) Berdasarkan hasil analisis uji parametrik data minat studi lanjut dan ekstrakulikuler bahasa asing diperoleh ada pengaruh signifikan kegiatan ekstrakulikuler bahasa asing dengan minat studi lanjut bahasa asing di perguruan tinggi dengan nilai signifikasi 0,025.Kata Kunci: Minat studi lanjut, kegiatan ekstrakulikuler bahasa asing.References
Afriwinanda, E. (2019). Hubungan antara Konsep Diri dengan Perencanaan Karier pada Siswa Kelas XII SMK Negeri 4 Surakarta. Skripsi. Tidak diterbitkan. Surakarta: Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta
Azwar, I. (2019). Pengaruh Pengembangan Budaya Kewarganegaraan (Civic Culture) melalui Kegiatan Ekstrakurikuler terhadap Pengembangan Sikap Patriotisme (Studi Deskriptif Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Rangka Pengembangan Budaya Kewarganegaraan di SMA Negeri di Kota Pontianak). Thesis, Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.
Hapsari, U.R. (2017). Hubungan antara Minat Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler dengan Intensi Delinkuensi Remaja Pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Semarang. Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro , hlm. 1-24.
Kartono, Kartini. (1985). Bimbingan Belajar di SMA dan Perguruan Tinggi. Jakarta: Rajawali.
Kep. Mendiknas Nomor 080/U/1993. www.pusdiknakes.or.id/. Diakses: 10 Oktober 2021.
Khodijah, N. (2018). Program Hipotetik Bimbingan dan Konseling untuk Meningkatkan Perilaku Sosial Peserta Didik (Studi Deskriptif terhadap Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 5 Bandung Tahun Akademik 2012/2013). Skripsi Sarjana, Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung
Matinggwan. (2010). Minat Siswa Smp N 9 Yogyakarta Melanjutkan Ke SMK. Laporan penelitian UNY.
Muhibbin Syah. (2007). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nopiyanti. (2017). Pengaruh Ekstrakurikuler Pramuka terhadap Pengembangan Sikap Demokratis Siswa. Skripsi Sarjana, Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.
Kusumawati, M. (2019). Dampak Kegiatan Ekstrakurikuler Olahraga terhadap Perilaku Sosial. Jurnal Kependidikan, 1 (3), hlm. 13-25.
Panggih Pribadi.(2010). Hubungan Lingkungan Keluarga Dan Teman Sebaya Dengan Minat Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Siswa Kelas Iii Smk Negeri 1 Sedayu Tahun Ajaran 2009/2010. Laporan penelitian UNY
Suherman, Uman. (2009). Konseling Karier Sepanjang Rentang Kehidupan. Badung: Program Studi BK SPs UPI Bandung
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 QUANTA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The author is responsible for acquiring the permission(s) to reproduce any copyrighted figures, tables, data, or text that are being used in the submitted paper. Authors should note that text quotations of more than 250 words from a published or copyrighted work will require a grant of permission from the original publisher to reprint. The written permission letter(s) must be submitted together with the manuscript.