MASALAH-MASALAH SISWA DI SEKOLAH SERTA PENDEKATAN-PENDEKATAN UMUM DALAM BIMBINGAN DAN KONSELING DITINJAU DARI “KACA MATA KONSELOR”

Authors

  • Dea Siti Ruhansih IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/q.v2i1p%25p.698

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui kondisi permasalahan yang ada di sekolah ditinjau dari “kaca mata†konselor. Tujuan dalam penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana para konselor yang ada di sekolah mengetahui masalah-masalah yang terjadi di sekolah serta pendekatan umum dalam bimbingan konseling. Penelitian dilakukan dengan pendekatan deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara dan observasi. Partisipan penelitian adalah guru Bimbingan Konseling yang ada di SMP Nugraha dengan jumlah 3 orang. Hasil penelitian bahwa masalah siswa  yang ada di SMP Nugraha adalah masalah belajar yang dialami oleh siswa. Kata Kunci: Masalah, “kaca mata†konselor  

References

Cavanagh, M. E. & Levitov, J. E. (2002). The Counseling Experience. New Orleans:Lolaya University.

Creswell, J. W. (2012). Research Design. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Setyosari, Punaji. (2010). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Kencana Prenada Media Group Jakarta.

Yusuf S. & Nurihsan, J. (2011). Landasan Bimbingan dan Konseling. PT. Rosda Remaja Bandung.

Downloads

How to Cite

Ruhansih, D. S. (2018). MASALAH-MASALAH SISWA DI SEKOLAH SERTA PENDEKATAN-PENDEKATAN UMUM DALAM BIMBINGAN DAN KONSELING DITINJAU DARI “KACA MATA KONSELOR”. Quanta : Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan, 2(1), 1–3. https://doi.org/10.22460/q.v2i1p%p.698