MASALAH-MASALAH SISWA DI SEKOLAH SERTA PENDEKATAN-PENDEKATAN UMUM DALAM BIMBINGAN DAN KONSELING DITINJAU DARI “KACA MATA KONSELORâ€
DOI:
https://doi.org/10.22460/q.v2i1p%25p.698Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui kondisi permasalahan yang ada di sekolah ditinjau dari “kaca mata†konselor. Tujuan dalam penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana para konselor yang ada di sekolah mengetahui masalah-masalah yang terjadi di sekolah serta pendekatan umum dalam bimbingan konseling. Penelitian dilakukan dengan pendekatan deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara dan observasi. Partisipan penelitian adalah guru Bimbingan Konseling yang ada di SMP Nugraha dengan jumlah 3 orang. Hasil penelitian bahwa masalah siswa yang ada di SMP Nugraha adalah masalah belajar yang dialami oleh siswa.Â
Kata Kunci: Masalah, “kaca mata†konselor
Â
Â
References
Cavanagh, M. E. & Levitov, J. E. (2002). The Counseling Experience. New Orleans:Lolaya University.
Creswell, J. W. (2012). Research Design. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Setyosari, Punaji. (2010). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Kencana Prenada Media Group Jakarta.
Yusuf S. & Nurihsan, J. (2011). Landasan Bimbingan dan Konseling. PT. Rosda Remaja Bandung.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Quanta: Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Authors who publish with the Quanta Journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.