LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK GROUP EXERCISES UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENYESUAIAN DIRI SANTRI

Authors

  • Diwan Ramadhan Jauhari IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/q.v2i1p%25p.699

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini dilatarbelakangi oleh: (1) fenomena santri di Pondok Pesantren Banuraja yang belum mencapai kemampuan penyesuaian diri yang optimal; (2) bimbingan terhadap santri belum dilaksanakan secara terencana dan sistematis. Penelitian ini bertujuan menghasilkan program bimbingan kelompok menggunakan teknik group exercise untuk meningkatkan kemampuan penyesuaian diri santri. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode quasi-experiment dengan non-equivalent control group design. Pengumpulan data menggunakan kuesioner kemampuan penyesuaian diri santri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan skor kelompok eksperimen setelah mendapatkan layanan bimbingan kelompok, lebih besar dari kelompok kontrol yang tidak mendapatkan layanan bimbingan kelompok. Dengan demikian, program bimbingan kelompok menggunakan teknik group exercises terbukti efektif untuk meningkatkan kemampuan penyesuaian diri santri. Hasil penelitian direkomendasikan kepada pihak Pesantren Banuraja agar mempertimbangkan manfaat layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik group exercises ini dalam meningkatkan kemampuan penyesuaian diri para santrinya.Kata kunci: program bimbingan kelompok, teknik latihan kelompok (group exercises), penyesuaian diri santri.   

References

Azwar, Saifuddin. (2013). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Burlingame, G.M., Fuhriman, A., dan Mosier, J. (2003). The differential effectiveness of group psychotherapy: a meta-analysis perspective. Group Dynamics: Theory, Research, and Practice, 7(1), hlm. 3-12.

Campbell, D.T. dan Stanley, J.C. (1963). Experimental and Quasi-Experimental Designs for Research. Boston: Houghton Mifflin Company.

Chan, S., Yuen, M.T., dan Lau, PSY. (2003). The effect of a group guidance programme on the self esteem of newly arrived children from the Chinese Mainland to Hong Kong. Asia Pasific Journal of Education, 23(2), hlm. 171-182.

Corey, Gerald. (2012). Theory and Practice of Group Counseling. 8th Edition. Belmont, CA: Brook/Cole-Cengage Learning.

Corey, M.S., Corey, G., dan Corey, C. (2010). Groups: Process and Practice. 8th Edition. Belmont, CA: Brook/Cole-

Cengage Learning.

Crockett, Lisa J. dkk. (1989). "School Transitions and Adjustment During Early Adolescence" Faculty Publications, Department of Psychology. Paper 252. Tersedia:

http://digitalcommons.unl.edu/psychfacpub/252 [9 Oktober 2012]

Doyle, Anna Beth dkk. Parent-Child Relationships and Adjustment in Adolescence: Findings from the HBSC Cycle 3 and NLSCY Cycle 2 Studies. [Online]. Tersedia:

http://acsa-caah.ca/Portals/0/Member/PDF/en/acsa/Parent.pdf. [9 Oktober 2012]

Feldman, R. (2010). The relational basis of adolescent adjustment: trajectories of mother-child interactive behaviors from infancy to adolescence shape adolescents' adaptation. Attachment & Human Development, 12(1-2), 173-192.

Haeny, Ida Noor. (2010). Program Bimbingan Kelompok untuk Mengembangkan Penyesuaian Diri Siswa: Studi Deskriptif di SMP Negeri 1 Majasari Kabupaten Pandeglang Tahun Pelajaran 2009-2010. (Tesis). Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Isakson, K., & Jarvis, P. (1999). The adjustment of adolescents during the transition into high school: A short-term longitudinal study. Journal of Youth and Adolescence, 28(1), 1– 26.

Israel, Glenn D. (1992). Determining Sample Size. [Online]. Tersedia di: http://edis.ifas.ufl.edu/pd006 [diakses 25 April 2014].

Jacobs, Ed E. dkk. (2012). Group Counseling: Strategies and Skills. 7th Edition. Belmont, CA: Brook/Cole-Cengage Learning.

Komisi Nasional Perlindungan Anak. (2011). Catatan Akhir Tahun Komisi Nasional Perlindungan Anak. [Online]. Tersedia di: http://komnaspa.wordpress.com/2011/12/21/catatan-akhir-tahun-2011-komisinasional-perlindungan-anak/ [Diakses 2 November 2013].

Kuwado, Fabian Januarius. (2012). Tahun 2012, "Kiamat" Anak Indonesia. 22 Desember [Online]. Tersedia di:

http://nasional.kompas.com/read/2012/12/22/13370183/Tahun.2012.Kiamat.Anak.In donesia%20diakses%2014%20April%202013 [Diakses 2 November 2013].

Manumoyoso, Ambrosius Harto. (2012). Jagalah Anak dari Keinginan Bunuh Diri. 23 Juli. [Online]. Tersedia di: http://regional.kompas.com/read/2012/07/23/21034349/Jagalah.Anak.dari.Keinginan .Bunuh.Diri [Diakses 2 November 2013].

Martinus, Yaspen (Penyunting). (2013). Tahun Ini 20 Pelajar Indonesia Tewas karena Tawuran. 21 Desember. [Online]. Tersedia di: http://www.tribunnews.com/nasional/2013/12/21/tahun-ini-20-pelajar-indonesiatewas-karena-tawuran [Diakses 10 Januari 2014].

Musitu, Ochoa G. dkk. (2007). Adjustment problems in the family and school contexts, attitude towards authority, and violent behavior at school in adolescence. Adolescence, 42(168), 779-794.

Nelson, J. Ron dan Dykeman, Cass. (1996). The effects of a group counseling intervention on students with behavioral adjustment problems. Elementary School Guidance & Counseling, 31(1), hlm. 21-33.

Nurihsan, Achmad Juntika dan Agustin, Mubiar. (2011). Dinamika Perkembangan Anak dan Remaja: Tinjauan Psikologi, Pendidikan, dan Bimbingan. Bandung: Refika Aditama.

Perveen, S. dan Kazmi, S.F. (2011). Personality dynamics of boarders and day scholars who belong to madrasah and public school. Academic Research International, 1(1), hlm. 157-172.

Qomar, Mujamil. (2008). Pesantren: Dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Institusi. Jakarta: Erlangga.

Rosidah, Ainur. (2013). Efektivitas Teknik Permainan dalam Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Siswa. (Tesis). Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Rusmana, Nandang. (2009). Bimbingan dan Konseling Kelompok di Sekolah: Metode, Teknik, dan Aplikasi. Bandung: Rizqi Press.

Santrock, J.W. (2004). Life-Span Development. 9th Edition. New York: McGraw Hill.

Jauhari, Diwan Ramadhan, Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Group Exercises untuk Meningkatkan Kemampuan Penyesuaian Diri Santri

Sarwono, Sarlito Wirawan. (2007). Psikologi Remaja. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Schmied, V. dan Tully, L. (2009). Effective Strategies and Interventions for Adolescents in a Child Protection Context: Literature Review. Ashfield, N. S. W. NSW Dept. of Community Services.

Schneiders, Alexander A. (1960). Personality Development and Adjustment in Adolescence. Milwaukee: The Bruce Publishing Company.

Schneiders, Alexander A. (1964). Personal Adjustment and Mental Health. New York: Holt, Rinehart and Winston.

Scholte, R. dkk. (2007). Stability in bullying and victimization and its association with social adjustment in childhood and adolescence. Journal Of Abnormal Child Psychology, 35(2), 217-228.

Sembiring, Sekadanta. (2013). Program Bimbingan Kelompok dengan Pendekatan Bimbingan Perkembangan untuk Meningkatkan Penyesusian Diri Mahasiswa dalam Persiapan Pernikahan pada Mahasiswa Jenjang Strata I Jurusan Teknik Informatika di Institut Teknologi Harapan Bangsa, Bandung Tahun Akademik 2010/2011. (Tesis). Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Sukma, Anita. (2011). Efektivitas Teknik Permainan Simulasi untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Siswa. (Tesis). Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Wardah, Fathiyah. (2012). KPAI Imbau Pemerintah Lebih Serius Atasi Kekerasan Anak dalam Lingkup Pendidikan. 11 Desember. [Online]. Tersedia di: http://www.voaindonesia.com/content/kpai-imbau-pemerintah-lebih-serius-atasikekerasan-anak-dalam-lingkup-pendidikan/1562622.html [Diakses 10 Januari 2014].

Downloads

How to Cite

Jauhari, D. R. (2018). LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK GROUP EXERCISES UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENYESUAIAN DIRI SANTRI. Quanta : Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan, 2(1), 4–20. https://doi.org/10.22460/q.v2i1p%p.699