DIAGNOSIS KESULITAN BELAJAR SISWA SMK BAKTI NUSANTARA 666
DOI:
https://doi.org/10.22460/q.v2i2p51-60.834Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui diagnosa kesulitan belajar siswa SMK Bakti Nusantara 666. Latar belakang dilakukan penetlitian ini yaitu adanya keberagaman siswa dalam memahami setiap pelajaran yang disampaikan gurunya; nilai yang diperoleh ada yang selalu bagus, akan tetapi ada juga ada siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar sehingga nilai belajarnya tidak optimal. Sehingga perlunya diadakan diagnosis belajar untuk optimalisasi proses belajarnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif yang bersifat studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil analisa kasus berdasarkan penelitian ini yaitu adanya perbedaan kemampuan, kecerdasan, bakat, minat dan latar belakang lingkungan masing-masing siswa, dan untuk menghadapi kesulitan belajar yang dihadapi oleh siswa, hendaknya guru mata pelajaran dan guru Bimbingan dan Konseling lebih intensif dalam menangani siswa dengan kesulitan belajar.
Â
Kata Kunci: Diagnosis, Kesulitan Belajar.
References
Burton H. W. (1952). The Guidance of Learning Activities. N.Y. Appleton Century Craffts. Inc.
Dimyati & Mudjiono.(1994). Belajar dan Pembelajaran. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Depdikbud. Jakarta.
Prayitno. (1995). Materi Layanan Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud.
Rumini, dkk. (1993). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta : UPP IKIP
Sardiman, A.M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.
Suharsimi, A. (2003). Prosedur Penelitian, Suatu Praktek. Jakarta: Bina
Tohirin. (2007). Bimbingan Konseling di Sekolah dan Madrasah. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Uno, H.B. (2012). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Quanta: Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Authors who publish with the Quanta Journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.