GAMBARAN PERILAKU PROSOSIAL REMAJA PADA SISWA MTs
DOI:
https://doi.org/10.22460/q.v2i2p%25p.875Keywords:
Perilaku prososial, siswa MTsAbstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengungkap gambaran perilaku prososial para remaja tingkat MTs. Remaja mulai bergabung dengan kelompok sebayanya, menjalin persahabatan, serta menjalin hubungan dengan lawan jenis. Pada masa ini remaja mulai mengembangkan sikap tolong-menolong, kasih sayang, dan memberikan perhatian satu sama lainnya. Perilaku sosial seperti ini merupakan wujud dari perilaku prososial remaja. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif deskriptif. Alat ukur yang digunakan yaitu angket pro sosial remaja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa MTs Albidayah kelas XI berada pada ketegori sedang.ÂÂ
Kata kunci : Perilaku prososial, siswa MTs
References
Desmita. (2006). Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Desmita. (2011). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Nashori, F. (2008). Psikologi Sosial Islami. Bandung: Refika Aditama.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Quanta: Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Authors who publish with the Quanta Journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.