Developing of Calculus Teaching Materials Based on Audiovisual

Akbar Nasrum
Herlina Herlina

Abstract


Komunitas  milenium saat ini lebih memilih media video sebagai sumber belajar daripada membaca buku teks. Untuk memahami isi buku, kita perlu memiliki kemampuan baca tulis yang cukup tinggi. Berbeda halnya dengan video pembelajaran,  penjelasan yang disertai dengan gambar dalam video dapat membantu seseorang untuk memahami materi di media itu. Tujuan pertama dari penelitian ini adalah membuat bahan ajar audiovisual yang bisa berfungsi sebagai bahan ajar buku pelajaran tambahan. Tujuan kedua adalah menguji keefektifan bahan ajar yang telah dibuat. Metode yang digunakan adalah metode pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi). Proses pengembangan bahan ajar dimulai dengan menciptakan pembelajaran multimedia, tahap perekaman, tahap penyuntingan, dan tahap penyelesaian. Pakar materi dan ahli media kemudian memvalidasi bahan ajar yang telah diproduksi dan dicoba pada siswa. Hasil dokumen uji coba kepada siswa menunjukkan bahwa ada perubahan yang signifikan baik dari segi motivasi, antusiasme untuk belajar, interaksi di kelas, dan dari hasil belajar siswa. Hasil ini membuat respon siswa terhadap penggunaan bahan ajar sangat baik. Bahan ajar audiovisual ini layak digunakan sebagai media pembelajaran, baik sebagai sumber tambahan atau sumber utama.

Keywords


Audiovisual teaching materials; Learning videos

Full Text:

PDF

References


Bano, M., Zowghi, D., Kearney, M., Schuck, S., & Aubusson, P. (2018). Computers & Education Mobile learning for science and mathematics school education : A systematic review of empirical evidence. Computers & Education, 121(February 2017), 30–58. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2018.02.006

Caligaris, M. G., Schivo, M. E., & Romiti, M. R. (2015). Calculus & GeoGebra , an interesting partnership. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 174, 1183–1188. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.735

Christ, T., Arya, P., & Ming, M. (2017). Video use in teacher education : An international survey of practices. Teaching and Teacher Education, 63, 22–35. https://doi.org/10.1016/j.tate.2016.12.005

Crompton, H., & Burke, D. (2018). Computers & Education The use of mobile learning in higher education : A systematic review. Computers & Education, 123(September 2017), 53–64. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2018.04.007

Forbes, H., Oprescu, F. I., Downer, T., Phillips, N. M., Lord, B., Barr, N., … Florin, I. (2016). Use of videos to support teaching and learning of clinical skills in nursing education: A review. Nurse Education Today. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2016.04.010

Marx, J. D., & Cummings, K. (2007). Normalized change. American Journal of Physics, 75(1), 87–91. https://doi.org/10.1119/1.2372468

Orús, C., Barlés, M. J., Belanche, D., Casaló, L., Fraj, E., & Gurrea, R. (2016). The Use Of Youtube As A Tool For Learner-Generated Content: Effects On Students’ Learning Outcomes And Satisfaction. Computers & Education. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2016.01.007

Purwanti, B. (2015). Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika dengan Model Assure. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 42–47.

Sharifah, R., & Faaizah, S. (2015). The Development of Online Project-Based Collaborative Learning using the ADDIE Model. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 195, 1803–1812. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.06.392

Shodikin, A. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Kalkulus Integral Berbasis Animasi. AKSIOMA: Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, 3(1), 42–47.

Shoufan, A. (2019). What motivates university students to like or dislike an online educational video? A sentimental framework. Computers & Education. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.02.008

Taka, D. (2015). Computers & Education Efficiency of learning environment using GeoGebra when Calculus contents are learned in collaborative groups, 82. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2014.12.002




DOI: https://doi.org/10.22460/infinity.v8i2.p209-218

Article Metrics

Abstract view : 132 times
PDF - 72 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.