DEVELOPING STUDENT WORKSHEET BASED ON MISSOURI MATHEMATICS PROJECT MODEL BY USING THINK-TALK-WRITE STRATEGY OF CLASS VIII
##plugins.themes.bootstrap3.article.main##
Abstract
##plugins.themes.bootstrap3.article.details##
References
Aini, E. P., Masykur, R., & Komarudin, K. (2018). Handout Matematika berbantuan Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 73-79. https://doi.org/10.24042/djm.v1i1.1950
Alba, F., Chotim, M., & Junaedi, I. (2014). Keefektifan model pembelajaran generatif dan missouri mathematics project terhadap kemampuan pemecahan masalah. UNNES Journal of Mathematics Education, 3(2), 107-112.
Astari, T. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Pendekatan Realistik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD Kelas IV. Jurnal Pelangi, 9(2), 150-160. https://doi.org/10.22202/jp.2017.v9i2.2050
Fithriyah, I., Sa'dijah, C., & Sisworo. (2016). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa kelas IX-D SMPN 17 malang. Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP I), 580-590. Surakarta: Universitas Muhammadyah Surakarta.
Garrison, D. R., Anderson, T., & Archer, W. (2001). Critical thinking, cognitive presence, and computer conferencing in distance education. American Journal of distance education, 15(1), 7-23. https://doi.org/10.1080/08923640109527071
Gazali, R. Y. (2016). Pengembangan bahan ajar matematika untuk siswa smp berasarkan teori belajar ausubel. PYTHAGORAS :Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 182-192. https://doi.org/10.21831/pg.v11i2.10644
Haviz, M. (2013). Research and development; penelitian di bidang kependidikan yang inovatif, produktif dan bermakna. Ta'dib, 16(1), 28-43. http://dx.doi.org/10.31958/jt.v16i1.235
Ibda, F. (2015). Perkembangan kognitif : Teori jean piaget. Jurnal Intelektualita, 3(1), 27-38.
Ismaimuza, D. (2011). Kemampuan berpikir kritis matematis ditinjau dari pengetahuan awal siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 11-20.
Jumaisyaroh, T., Napitupulu, E. E., & Hasratuddin. (2014). peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dan kemandirian belajar siswa SMP melalui pembelajaran berbasis masalah. Kreano, 5(2), 157-169. https://doi.org/10.15294/kreano.v5i2.3325
Nasution, A. (2016). Pengembangan modul matematika berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. REKOGNISI : Jurnal Pendidikan dan Kependidikan, 1(1), 47-63.
Nugroho, P. B., Suparni, & Nu'man, M. (2012). Efektivitas model pembelajaran missouri mathematics project (MMP) dengan metode talking stick dan penemuan terbimbing terhadap hasil belajar matematika siswa. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 681-688. Yogyakarta: Pendidikan Matematika FMIPA UNY.
Pariska, I. S., Elniati, S., & Syafriandi, S. (2012). Pengembangan lembar kerja siswa matematika berbasis masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 75-80.
Prabawati, M. N., Herman, T., & Turmudi, T. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Masalah dengan Strategi Heuristic untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 37-48. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i1.383
Sandiyanti, A. (2018). Pengembangan modul bilingual bergambar berbasis quantum learning pada materi peluang. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 157-164. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2280
Somakim, S. (2011). Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa sekolah menengah pertama dengan penggunaan pendidikan matematika realistik. Majalah Ilmiah Jurusan PMIPA FKIP Unsri, 14(1), 42-48.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/ R&D). Bandung: Alfabeta.
Tegeh, I. J., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Wahyuni, R., & Efuansyah. (2018). Model pembelajaran missouri mathematics project (MMP) menggunakan strategi think talk write (TTW) terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 24-36. http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v2i1.778