Main Article Content
Abstract
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Ameliah, I. H. (2016). Pengaruh keingintahuan dan rasa percaya diri siswa terhadap hasil belajar matematika kelas VII MTs Negeri I Kota Cirebon. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 5(1), 9-21. doi:10.24235/eduma.v5i1.598
Ariawan, R., & Nufus, H. (2017). Profil kemampuan koneksi matematis mahasiswa dalam menyelesaikan masalah pada mata kuliah Kalkulus 1 Ditinjau Berdasarkan Gaya Kognitif. Suska Journal of Mathematics Education, 3(2), 102-110. doi:10.24014/sjme.v3i2.4036
Bien, Y. I., Daniel, F., & Taneo, P. N. (2019). Pengembangan buku ajar kalkulus integral berbasis maple untuk meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 39-45. doi:10.24176/anargya.v2i1.3404
Carin, A. (1997). Teaching Modern Science. New Jersey: Pretice-Hall.
Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2007). Research Methods in Education (sixth). New York: Routledge Taylor & Francis Group.
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications.
Dewi, S. V. (2016). Efektivitas penggunaan media Screencast O-Matic pada mata kuliah kalkulus integral terhadap hasil belajar mahasiswa. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika), 2(1), 61-66.
Ennis, R. (2011). Critical thinking: Reflection and perspective Part II. Inquiry: Critical thinking across the Disciplines, 26(2), 5-19. doi:10.5840/inquiryctnews201126215
Farhan, M., & Retnawati, H. (2014). Keefektifan PBL dan IBL ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan representasi matematis, dan motivasi belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 227-240. doi:10.21831/jrpm.v1i2.2678
Gordah, E. K., & Fadillah, S. (2014). Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Kalkulus Diferensial Berbasis Pendekatan Open Ended Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa. Jurnal pendidikan dan kebudayaan, 20(3), 340-352. doi:10.24832/jpnk.v20i3.148
Guntur, M., Muchyidin, A., & Winarso, W. (2017). Pengaruh penggunaan bahan ajar matematika bersuplemen komik terhadap kemandirian belajar siswa. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 6(1), 43-51. doi:10.24235/eduma.v6i1.1667
Hartono, W., & Noto, M. S. (2017). Pengembangan modul berbasis penemuan terbimbing untuk meningkatkan kemampuan matematis pada perkuliahan kalkulus integral. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 320-333. doi:10.33603/jnpm.v1i2.616
Hikmawati, H., Kamid, K., & Syamsurizal, S. (2013). Pengaruh penggunaan media pembelajaran dan gaya kognitif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII madrasah tsanawiyah. Jurnal Tekno-pedagogi, 3(2), 1-11.
Johnson, E. B. (2007). Contextual teaching and learning: Menjadikan kegiatan belajar- mengajar mengasyikkan dan bermakna. (Diterjemahkan oleh A. Chaedar Alwasilah). Mizan Learning Center.
Lumbantoruan, J. H. (2017). Pengembangan bahan ajar integral tak tentu berbasis model small group discussion di program studi pendidikan matematika FKIP UKI tahun 2016/2017. Jurnal Dinamika Pendidikan, 10(2), 99-118.
Mardhiyana, D. (2017). Upaya meningkatkan rasa ingin tahu mahasiswa melalui penerapan pembelajaran berbasis proyek pada mata kuliah evaluasi proses dan hasil pembelajaran matematika. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 1-8. doi:10.31941/delta.v5i1.389
Melisa, M. (2014). Efektivitas modul berbasis penemuan terbimbing pada perkuliahan kalkulus peubah banyak I. Lemma, 1(1), 26-32.
Meltzer, D. E. (2002). The relationship between mathematics preparation and conceptual learning gains in physics: A possible “hidden variable” in diagnostic pretest scores. American journal of physics, 70(12), 1259-1268. doi:10.1119/1.1514215
Mutakin, T. Z. (2013). Analisis kesulitan belajar kalkulus 1 mahasiswa teknik informatika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(1), 49-60. doi:10.30998/formatif.v3i1.113
Nurkamilah, M. (2017). Upaya meningkatkan keingintahuan matematis siswa menggunakan guided discovery learning setting kolaboratif (Penelitian tindakan kelas kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman Yogyakarta). Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 1(2), 51-63.
Parma, P., & Saparwadi, L. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Kalkulus Berbantuan Komputer melalui Program Maple di Program Studi Pendidikan Matematika. Jurnal Elemen, 1(1), 37-48.
Putra, R. S., Wijayati, N., & Mahatmanti, F. W. (2017). Pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis aplikasi android terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 11(2), 2009-2018.
Ramdani, Y. (2012). Pengembangan instrumen dan bahan ajar untuk meningkatkan kemampuan komunikasi, penalaran, dan koneksi matematis dalam konsep integral. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(1), 44-52.
Romadiastri, Y. (2013). Penerapan pembelajaran kontekstual pada kalkulus 2 bahasan volum benda putar. Jurnal Phenomenon, 3(1), 131-143. doi:10.21580/phen.2013.3.1.179
Saparwadi, L., & Yuwono, T. (2019). Pembelajaran kalkulus berbantuan sofware maple: studi perbedaan hasil kerja mahasiswa dengan menggunakan maple dan tanpa menggunakan maple. Jurnal Elemen, 5(1), 23-30.
Solehuzain, S., & Dwidayati, N. K. (2017). Kemampuan berpikir kreatif dan rasa ingin tahu pada model problem-based learning dengan masalah open ended. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(1), 103-111.
Sopiany, H. H. N., & Rikayanti, R. (2018). Mensinergikan kemampuan geometri dan analisis pada mata kuliah kalkulus diferensial melalui bahan ajar berbasis geogebra. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(2), 164-173.
Sugiyono, S. (2011). Metode penelitian pendidikan (Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Usman, S, R. B., & Hasbi, M. (2015). Proses berpikir dan respon balikan mahasiswa terhadap pelaksanaan pembelajaran kalkulus integral. Jurnal Peluang, 4(2), 18-29.
Zetriuslita, Z., & Ariawan, R. (2016). Development of critical thinking ability test mathematical content shaped description on flat field size and volume rotate objects. Proceeding International Seminar on Mathematics, Science, and Computer Education, 38–42.
Zetriuslita, Z., Ariawan, R., & Nufus, H. (2016a). Students' critical thinking ability: description based on academic level and gender. Journal of Education and Practice, 7(12), 154-164.
Zetriuslita, Z., Ariawan, R., & Nufus, H. (2016b). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis mahasiswa dalam menyelesaikan soal uraian kalkulus integral berdasarkan level kemampuan mahasiswa. Infinity Journal, 5(1), 56-66. doi:10.22460/infinity.v5i1.p56-66
Zetriuslita, Z., Wahyudin, W., & Jarnawi, J. (2017). Mathematical critical thinking and curiosity attitude in problem based learning and cognitive conflict strategy: A study in number theory course. International Education Studies, 10(7), 65-78. doi:10.5539/ies.v10n7p65
Zetriuslita, Z., Wahyudin, W., & Dahlan, J. A. (2018). Association among mathematical critical thinking skill, communication, and curiosity attitude as the impact of problem-based learning and cognitive conflict strategy (PBLCCS) in number theory course. Infinity Journal, 7(1), 15-24. doi:10.22460/infinity.v7i1.p15-24