Main Article Content

Abstract

Kemampuan seorang guru dalam menggunakan kegiatan khusus di dalam kelas (misalnya membentuk kelompok kerja, praktik menghitung secara mental/tanpa alat hitung, pengajaran langsung atau metode lainnya) merupakan hal yang penting, tetapi keyakinan yang meliputi pemahaman terhadap kematangan dan kesiapan siswa dalam proses belajar juga memiliki kedudukan strategis. Psikologi pembelajaran akan membantu guru dalam mengungkap potensi yang dimiliki siswa dengan tidak melupakan hakikat siswa sebagai manusia yang memiliki jati diri yang berhak diakui eksistensinya dan berbeda satu dengan lainnya. Pembelajaran sebagai proses yang dilalui siswa, tidak dapat dipisahkan dengan perkembangannya. Seorang guru yang professional, tidak akan memandang proses belajar pada siswa tanpa memandang perkembangannya. Dengan memperhatikan perkembangan siswa, maka proses belajar akan terjadi sesuai dengan kesiapannya.Kata Kunci : Psikologi Pembelajaran, Kualitas Lingkungan Belajar Matematika  The ability of the teachers to use the special activities in the classroom (eg, forming learning groups, practice counting mentally/without a calculator, direct instruction or other method) is important, but the belief that includes an understanding of the maturity and readiness of students in the learning process as well has a strategic position. Psychology of learning will help teachers to uncover the potential of students by not forgetting the nature of students as human beings who have a right to be recognized identity and existence distinct from one another. Learning as a process through which students, can not be separated with the development. A professional teacher, will not look at the students' learning process regardless of its development. Having regard to the development of students, the learning process will take place in accordance with readiness.Key words : Psychology of Learning, Learning Mathematics Environmental Quality

Article Details