Main Article Content
Abstract
ABSTRAK                      Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) ada tidaknya hubungan antara kemandirian belajar siswa dengan hasil belajar pada mapel matematika dengan menggunakan analisis korespondensi, (2) ada tidaknya hubungan antara kemampuan awal siswa dengan hasil belajar pada mapel matematika dengan menggunakan analisis korespondensi. Penelitian dilakukan di SMANSA Karanganyar kelas XII IPS 4 semester 1 pokok bahasan program linier dengan menggunakan analisis korespondensi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan adalah metode angket dan metode dokumentasi, sedangkan metode penelitian yang digunakan metode penelitian deskriptif (Descriptive Research). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bersifat kuantitatif dan tipe data yang disajikan berupa tipe data kategorik. Dalam penelitian ini melibatkan 2 kriterium sebagai variabel bebas yaitu kemandirian belajar dan kemampuan awal dan 1 prediktor sebagai variabel terikat yaitu hasil belajar siswa kelas XII IPS 4 semester 1 pada matapelajaran Matematika. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Kemandirian belajar tidak signifikan berhubungan dengan hasil belajar siswa kelas XII IPS 4 pada mapel Matematika SMANSA Karanganyar semester 1, namun hubungan antara keduanya cukup berarti. Dengan analisis korespondensi dapat ditelaah bahwa siswa dengan kemandirian belajar tinggi cenderung dekat dengan hasil belajar matematika yang memuaskan (nilai A), sedangkan kemandirian belajar sedang cenderung dekat dengan hasil belajar B. (2) Kemampuan awal tidak signifikan berhubungan dengan hasil belajar siswa kelas XII IPS 4 pada mapel Matematika SMANSA Karanganyar semester 1, namun hubungan antara keduanya cukup berarti. Dengan analisis korespondensi dapat ditelaah bahwa kemampuan awal C (60-69) dekat dengan hasil belajar A, kemampuan awal B (70-79) dekat dengan hasil belajar A, kemudian B dan C.Kata Kunci   : Analisis, Hasil belajar, Korespondensi, Matematika  ABSTRACTThe purpose of this study was to determine : (1) the relationship between students' independent learning with learning outcomes in mathematics subjects using correspondence analysis, (2) the relationship between initial capaability of students with mathematics learning outcomes in each subject by using correspondence analysis. The study was conducted in Karanganyar SMANSA class XII IPS 4 semester 1 subject to the linear program using correspondence analysis. Data collection technique used in this study is the method of questionnaire and method of documentation, while the methods of research used descriptive research methods (Descriptive Research). This research is quantitative and descriptive data types are presented in the form of categorical data types. In this study involving 2 criterion as the independent variable and the independent learning ability as a predictor of early and 1 dependent variable is the result of students of class XII IPS 4 semesters 1 in Mathematics lesson. The results of this study are: (1) The independence of learning is not significantly related to student learning outcomes in the class XII IPS 4 maple SMANSA Karanganyar Mathematics 1st half , but the relationship between the two is quite significant . With correspondence analysis can be explored that students with high learning independence tend to be close to a satisfactory math learning outcomes (value A) , while learning independence are likely to close the learning outcomes B. (2) initial ability was not significantly related to student learning outcomes in the class XII IPS 4 maple SMANSA Karanganyar Mathematics 1st half, but the relationship between the two is quite significant. With correspondence analysis can be assessed that initial capability of C (60-69 ) is close to the results of a study , the initial capability of B ( 70-79 ) closer to learning outcomes A , then B and C.Keywords     : Analysis, Learning outcomes, Correspondence, Mathematics