Implementasi Media Audiovisual Menggunakan Layanan Informasi pada Pembelajaran Anak Tunagrahita

Authors

  • Bagus Adnan Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Mila Amelia Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Ikhwanul Hakim Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Anis Fa’iqoh Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Nina Fitriyani Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Bante

DOI:

https://doi.org/10.22460/quanta.v7i3.4200

Keywords:

Media audiovisua, Layanan informasi, Anak tunagrahita

Abstract

Implementasi media audiovisual berbasis video dalam pembelajaran pada anak tunagrahita di Sekolah Bina Cintra Anak memiliki tujuan untuk meningkatkan pengalaman belajar mereka. Penelitian ini didasarkan pada Teori Konstruktivisme dan Teori Pembelajaran Sosial sebagai landasan teoritis. Intervensi yang digunakan adalah Audiobook atau materi berbasis audio serta penggunaan video pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas penggunaan media audiovisual berbasis video dalam meningkatkan pembelajaran anak tunagrahita. Metode observasi digunakan untuk mengamati pelaksanaan media audiovisual dalam pembelajaran di Sekolah Bina Cintra Anak. Langkah-langkah implementasi meliputi perencanaan dan persiapan, pengenalan konsep, penggunaan Audiobook atau materi berbasis audio, serta penggunaan video pembelajaran. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam memahami implementasi media audiovisual dalam pembelajaran anak tunagrahita dan memberikan saran bagi guru dan pengambil keputusan di Sekolah Bina Cintra Anak untuk mempertimbangkan penggunaan media tersebut sebagai strategi pembelajaran yang efektif.

References

Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (P. Rapanna (ed.); Cetakan I). syakir Media Press.

Amanulla, A. S. R. (2022). Mengenal Anak Berkebutuhan Khusus: Tuna Grahita, Down Syndrom Dan Autisme. Al-Murtaja: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 1–13. http://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/almurtaja/article/view/990/680

Fakhiratunnisa, S. A., Pitaloka, A. A. P., & Ningrum, T. K. (2022). Konsep Dasar Anak Berkebutuhan Khusus. Masaliq, 2(1), 26–42. https://doi.org/10.58578/masaliq.v2i1.83

Fatmawati, Wahyu Sukartiningsih, T. I. (2021). Media Pembelajaran Audio Visual: Literature Review. Jurnal Pendidikan, 10(1), 1–13.

Gabriela, N. D. P. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasi Audio Visual Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Sekolah Dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 2(1), 104–113. https://doi.org/10.33487/mgr.v2i1.1750

Kuriawan, A., & Buana, E. C. (2023). The Information Service Model and its Effect through Fanpage Counseling at SMP Negeri 1 Gurah. Indonesian Journal of Guidance and Counseling Research, 1(1), 21–29. Retrieved from https://ejournal.aecindonesia.org/index.php/ijgcr/article/view/65

Maisarah, S., Saleh, J., & Husna, N. (2018). Anak Berkebutuhan Khusus Dan Permasalahannya (Studi Di Kemukiman Pagar Air Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar). Jurnal Al-Ijtimaiyyah, 4(1), 9. https://doi.org/10.22373/al-ijtimaiyyah.v4i1.4781

Ramadania, F., Kisyani, & Mintowati. (2020). Pengembangan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Anak Berkebutuhan Khusus (Autisme). Stilistika: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(2), 208–215

Rohmawati, A., & Pahlevi, R. (2023). The Effect of Using Inquiry Learning Model with Pop-Up Book Media on Learning Outcomes of Primary School Students. Pedagogy: Indonesian Journal of Teaching and Learning Research, 1(1), 11–20. Retrieved from https://ejournal.aecindonesia.org/index.php/pedagogy/article/view/68

Safitri, I. (2023). The Effectiveness of Group Guidance using Prezi Media to Increase Learning Motivation of High School Students. Indonesian Journal of Guidance and Counseling Research, 1(2), 67–79. Retrieved from https://ejournal.aecindonesia.org/index.php/ijgcr/article/view/100

Solihin, M., & Hariyanti, D. (2023). Junior High School Teachers’ Strategies in Utilizing E-Learning based Audio Visual Media. Pedagogy: Indonesian Journal of Teaching and Learning Research, 1(2), 80–88. Retrieved from https://ejournal.aecindonesia.org/index.php/pedagogy/article/view/96

Zubaidah, Z., & Utomo, P. (2021). Pola Pembelajaran dalam Layanan Bimbingan dan Konseling Terhadap Siswa Berkebutuhan Khusus (Tunagrahita) di Sekolah Luar Biasa. Jambura Guidance and Counseling Journal, 2(2), 62–73. https://doi.org/https://doi.org/10.37 411/jgcj.v2i2.950

Zubaidah, Z., & Utomo, P. (2021). Kesejahteraan Psikologis Anak Autis Ditinjau dari Layanan Bimbingan dan Konseling Berkebutuhan Khusus di Sekolah. Jurnal Hawa: Studi Pengarus Utamaan Gender dan Anak, 3(1), 25–32. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29300/hawapsga.v3i1.5420.

Downloads

Published

2023-09-28

How to Cite

Bagus Adnan, Amelia, M. ., Hakim, I. ., Fa’iqoh, A. ., & Fitriyani, N. . (2023). Implementasi Media Audiovisual Menggunakan Layanan Informasi pada Pembelajaran Anak Tunagrahita. Quanta Journal, 7(3), 108–113. https://doi.org/10.22460/quanta.v7i3.4200