The Development of Guidance and Counseling Platform Using Google Sites-based “Friend Story” (Storytelling) Media for College Students at UIN Ar-Raniry

Pengembangan Platform Bimbingan dan Konseling Menggunakan Media Teman Cerita (Storytelling) berbasis Google Sites untuk Mahasiswa UIN Ar-Raniry

Authors

  • Tengku Febri Irwansyah Tengku Universitas Islam Negeri Ar - Raniry
  • Elviana Elviana Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

DOI:

https://doi.org/10.22460/quanta.v8i3.4955

Keywords:

Development, Friends Story Media, Google Sites

Abstract

English: This research aims to develop and test the feasibility of the Google Sites-based "Friends Story" media for Ar-Raniry State Islamic University College Students.  The research method used is Research and Development  (R & D). This research uses the Thiagarajan, Dorothy Semmel, and Melvyn Semmel models. Research and development stages include (1) define, (2) design, (3) develop, and (4) dissemination. The subjects of this research were College Students at Ar-Raniry State Islamic University with a sample of 6 respondents. The research instrument used was an expert validation sheet with qualitative descriptive data analysis techniques. The research results show that the average score from material experts is 88.2% and the average score from media experts is 87.5%. Meanwhile, the average value of lecturer responses via questionnaire was 93.3% and the average College Student response was 87%. From these results, it can be concluded that the development of Google Sites-based “story-friend” media is in the “Very Feasible” category and can be used. Indonesia: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan  dan menguji kelayakan media “Teman bercerita” berbasis Google Sites mahasiswa Universitas Islam Negeri Ar – Raniry .  Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan. Penelitian ini menggunakan model Thiagarajan, Dorothy Semmel, dan Melvyn Semmel. Tahapan penelitian dan pengembangan meliputi (1) define, (2) design, (3) develop, dan (4) dissemination. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Islam Negeri Ar – Raniry dengan sampel berjumlah 6 responden. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi ahli dengan teknik analisis data deskripsi kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata dari ahli materi sebesar 88,2% dan nilai rerata dari ahli media adalah 87,5%. Sementara itu, nilai rata-rata dari respon dosen melalui angket adalah 93,3% dan rerata respon mahasiswa sebesar 87%. Dari hasil ini bisa disimpulkan bahwa pengembangan media “Friend Story ” berbasis Google Sites masuk dalam kategori “Sangat Layak” dan dapat digunakan.

References

Ali, M., & Asrori, M. (2014). Metodologi dan aplikasi riset pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Anas Sudijono, (2012), Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Grafindo Persada

Arifin, Z. (2011). Penelitian Pendidikan: Metode dan Paradigma Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi VI). Jakarta: Rineka Cipta

Arkadiantika I, Ramansyah W, Effindi MA, Dellia P. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Virtual Reality Pada Materi Pengenalan Termination Dan Splicing Fiber Optic. J Dimens Pendidik dan Pembelajaran. 8(SEMNASDIKJAR2019):29–36. http://journal.umpo.ac.id/index.php/dimensi/article/view/2298

Asmita, W. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Stres Akademik Menghadapi Kuliah Daring Pada Mahasiswa IAIN Batusangkar. https://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/handle/123456789/21428

Azizah, N., Budiyono, A., & Adhitya Ridwan Budhi, P. N. (2022). E-Counseling di Lembaga Pendidikan: Konsepsi dan Aktualisasi Konseling Transformatif. https://eprints.uinsaizu.ac.id/18739/1/E-COUNSELING.pdf

Budi Harsanto. (2012). Panduan E-Learning Menggunakan Google Sites. E- Learning FEB UNPAD.

Candrasari, S. (2020). Strategi Komunikasi Konseling Dalam Menangani Permasalahan Akademik Mahasiswa. Professional: Jurnal Komunikasi dan Administrasi Publik, 7(1), 27-33. https://jurnal.unived.ac.id/index.php/prof/article/view/1089

Danim, Sudarwan dan Darwis. (2003). Metode Penelitian Kebidanan: Prosedur, Kebijakan dan Etik. Jakarta: EGC.a.

Habibullah, M. R., Suttrisno, S., & Pulviana, L. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Tema 1 (Indahnya Kebersamaan) Menggunakan Google Sites Kelas IV. CENDEKIA: Media Komunikasi Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Islam, 14(02), 303-317. https://journal.stitaf.ac.id/index.php/cendekia/article/view/350

Habsy, B. A., Shidqah, S. B., Husna, A. M., & Asfindha, H. (2024). Jenis-jenis Pendekatan Kelompok dalam Layanan Bimbingan dan Konseling. TSAQOFAH, 4(2), 1358-1388. https://ejournal.yasin-alsys.org/index.php/tsaqofah/article/view/2761

Haviz M. (2013). Research and Development; Penelitian Di Bidang Kependidikan Yang Inovatif, Produktif Dan Bermakna. Ta’dib. 16(1):28. doi:10.31958/jt.v16i1.235

Jannah, R., & Marjo, H. K. (2022). Etika Profesi Konselor dalam Layanan Bimbingan Konseling Virtual. Jurnal Paedagogy, 9(1), 55-61. http://e-journal.undikma.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/4556

Johan, J. R., Iriani, T., & Maulana, A. (2023). Penerapan Model Four-D dalam Pengembangan Media Video Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan Perorangan. Jurnal Pendidikan West Science, 1(06), 372-378. https://wnj.westscience-press.com/index.php/jpdws/article/view/455

Jubaidah, S., & Zulkarnain, M. R. (2020). Penggunaan google sites pada pembelajaran matematika materi pola bilangan smp kelas viii smpn 1 Astambul. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 15(2), 68–73. https://www.stkipbjm.ac.id/mathdidactic/index.php/jpl/article/view/1183

Magdalena Mosanya, “Buffering Academic Stress during the COVID- 19 Pandemi Related Social Isolation: Grit and Growth Mindset as Protective Factors Against the Impact of Loneliness”, dalam International Journal of Applied Positive Psychology, September 2020, hlm. 2. https://link.springer.com/article/10.1007/s41042-020-00043-7

Makbul, M. (2021). Metode pengumpulan data dan instrumen penelitian. https://osf.io/preprints/svu73/

Maydiantoro A. (2021). Model-Model Penelitian Pengembangan (Research and development). J Pengemb Profesi Pendidik Indones. 1(2):29–35.

Nurrahmadina, N., Sufyadi, S., & Dalu, Z. C. A. (2023). Pengembangan Website Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Pada Mata Kuliah Studi Kelayakan Bisnis. J-INSTECH, 4(1), 141-147. https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/j-instech/article/view/Nurrahmadina

Pasaribu, K. M., Siburian, R., Sianturi, R. L., Sinambela, R. K., & Simatupang, A. L. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Pengelolah Presentase Dalam Mendukung Pembelajaran Bahasa Di SMK Swasta Satria Nusantara Binjai. SEWAGATI: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3(1), 09-22. https://jurnal-stiepari.ac.id/index.php/sewagati/article/view/1343

Rusli, M., Djauhari, T., & Aminuddin, F. H. (2021). Sistem Informasi Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Simulasi Digital Pada SMK Revany Indra Putra. Jurnal Sistem Komputer dan Informatika (JSON), 3(2), 134-140. http://www.ejurnal.stmik-budidarma.ac.id/index.php/JSON/article/view/3618

Salsabila, F., & Aslam, A. (2022). Pengembangan media pembelajaran berbasis web google sites pada pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal basicedu, 6(4), 6088-6096. https://www.neliti.com/publications/448607/pengembangan-media-pembelajaran-berbasis-web-google-sites-pada-pembelajaran-ipa

Sari, A. K., Ertikanto, C., & Suana, W. (2015). Pengembangan lks memanfaatkan laboratorium virtual pada materi optik fisis dengan pendekatan saintifik. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Lampung, 3(2), 118605. https://www.neliti.com/publications/118605/pengembangan-lks-memanfaatkan-laboratorium-virtual-pada-materi-optik-fisis-denga

Soehartono, Irwan. (2008). Metode Penelitian Sosial. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sufandi, U. U., Priono, M., Aprijani, D. A., Wicaksono, B. A., & Trihapningsari, D. (2022). Uji Usability Fungsi Aplikasi Web Sistem Informasi Dengan Use Questionnaire (Studi Kasus: Aplikasi Web Sistem Informasi Tiras dan Transaksi Bahan Ajar). Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 19(1), 24-34. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPTK/article/view/42320

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Tambunan, M. A., & Siagian, P. (2022). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis website (Google Sites) pada materi fungsi di SMA Negeri 15 Medan. Humantech: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(10), 1520-1533. http://journal.ikopin.ac.id/index.php/humantech/article/view/2166

Utomo, P., Asvio, N., & Prayogi, F. (2024). Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK): Panduan Praktis untuk Guru dan Mahasiswa di Institusi Pendidikan. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(4), 19. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i4.821

Wicaksono, L., Linarsih, A., & Putri, A (2023). Identifikasi Permasalahan Akademik Pada Mahasiswa FKIP-Universitas Tanjungpura. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jvip/article/view/50683

Downloads

Published

2024-09-05

How to Cite

Tengku, T. F. I., & Elviana, E. (2024). The Development of Guidance and Counseling Platform Using Google Sites-based “Friend Story” (Storytelling) Media for College Students at UIN Ar-Raniry: Pengembangan Platform Bimbingan dan Konseling Menggunakan Media Teman Cerita (Storytelling) berbasis Google Sites untuk Mahasiswa UIN Ar-Raniry. Quanta : Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan, 8(3), 177–185. https://doi.org/10.22460/quanta.v8i3.4955