Implementasi Media Audiovisual Menggunakan Layanan Informasi pada Pembelajaran Anak Tunagrahita
DOI:
https://doi.org/10.22460/quanta.v7i3.4200Keywords:
Media audiovisua, Layanan informasi, Anak tunagrahitaAbstract
Implementasi media audiovisual berbasis video dalam pembelajaran pada anak tunagrahita di Sekolah Bina Cintra Anak memiliki tujuan untuk meningkatkan pengalaman belajar mereka. Penelitian ini didasarkan pada Teori Konstruktivisme dan Teori Pembelajaran Sosial sebagai landasan teoritis. Intervensi yang digunakan adalah Audiobook atau materi berbasis audio serta penggunaan video pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas penggunaan media audiovisual berbasis video dalam meningkatkan pembelajaran anak tunagrahita. Metode observasi digunakan untuk mengamati pelaksanaan media audiovisual dalam pembelajaran di Sekolah Bina Cintra Anak. Langkah-langkah implementasi meliputi perencanaan dan persiapan, pengenalan konsep, penggunaan Audiobook atau materi berbasis audio, serta penggunaan video pembelajaran. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam memahami implementasi media audiovisual dalam pembelajaran anak tunagrahita dan memberikan saran bagi guru dan pengambil keputusan di Sekolah Bina Cintra Anak untuk mempertimbangkan penggunaan media tersebut sebagai strategi pembelajaran yang efektif.
References
Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (P. Rapanna (ed.); Cetakan I). syakir Media Press.
Amanulla, A. S. R. (2022). Mengenal Anak Berkebutuhan Khusus: Tuna Grahita, Down Syndrom Dan Autisme. Al-Murtaja: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 1–13. http://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/almurtaja/article/view/990/680
Fakhiratunnisa, S. A., Pitaloka, A. A. P., & Ningrum, T. K. (2022). Konsep Dasar Anak Berkebutuhan Khusus. Masaliq, 2(1), 26–42. https://doi.org/10.58578/masaliq.v2i1.83
Fatmawati, Wahyu Sukartiningsih, T. I. (2021). Media Pembelajaran Audio Visual: Literature Review. Jurnal Pendidikan, 10(1), 1–13.
Gabriela, N. D. P. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasi Audio Visual Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Sekolah Dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 2(1), 104–113. https://doi.org/10.33487/mgr.v2i1.1750
Kuriawan, A., & Buana, E. C. (2023). The Information Service Model and its Effect through Fanpage Counseling at SMP Negeri 1 Gurah. Indonesian Journal of Guidance and Counseling Research, 1(1), 21–29. Retrieved from https://ejournal.aecindonesia.org/index.php/ijgcr/article/view/65
Maisarah, S., Saleh, J., & Husna, N. (2018). Anak Berkebutuhan Khusus Dan Permasalahannya (Studi Di Kemukiman Pagar Air Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar). Jurnal Al-Ijtimaiyyah, 4(1), 9. https://doi.org/10.22373/al-ijtimaiyyah.v4i1.4781
Ramadania, F., Kisyani, & Mintowati. (2020). Pengembangan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Anak Berkebutuhan Khusus (Autisme). Stilistika: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(2), 208–215
Rohmawati, A., & Pahlevi, R. (2023). The Effect of Using Inquiry Learning Model with Pop-Up Book Media on Learning Outcomes of Primary School Students. Pedagogy: Indonesian Journal of Teaching and Learning Research, 1(1), 11–20. Retrieved from https://ejournal.aecindonesia.org/index.php/pedagogy/article/view/68
Safitri, I. (2023). The Effectiveness of Group Guidance using Prezi Media to Increase Learning Motivation of High School Students. Indonesian Journal of Guidance and Counseling Research, 1(2), 67–79. Retrieved from https://ejournal.aecindonesia.org/index.php/ijgcr/article/view/100
Solihin, M., & Hariyanti, D. (2023). Junior High School Teachers’ Strategies in Utilizing E-Learning based Audio Visual Media. Pedagogy: Indonesian Journal of Teaching and Learning Research, 1(2), 80–88. Retrieved from https://ejournal.aecindonesia.org/index.php/pedagogy/article/view/96
Zubaidah, Z., & Utomo, P. (2021). Pola Pembelajaran dalam Layanan Bimbingan dan Konseling Terhadap Siswa Berkebutuhan Khusus (Tunagrahita) di Sekolah Luar Biasa. Jambura Guidance and Counseling Journal, 2(2), 62–73. https://doi.org/https://doi.org/10.37 411/jgcj.v2i2.950
Zubaidah, Z., & Utomo, P. (2021). Kesejahteraan Psikologis Anak Autis Ditinjau dari Layanan Bimbingan dan Konseling Berkebutuhan Khusus di Sekolah. Jurnal Hawa: Studi Pengarus Utamaan Gender dan Anak, 3(1), 25–32. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29300/hawapsga.v3i1.5420.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Bagus Adnan, Mila Amelia, Ikhwanul Hakim, Anis Fa’iqoh, Nina Fitriyani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Quanta: Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Authors who publish with the Quanta Journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.