POLA PENDIDIKAN ANAK JALANAN DI PANTI PELAYANAN SOSIAL ANAK “MANDIRI” KOTA SEMARANG

Authors

  • Ani Kurniati Universitas PGRI Semarang
  • Supardi Supardi Universitas PGRI Semarang
  • Primaningrum Dian Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.22460/q.v3i3p56-63.1399

Keywords:

Anak jalanan, Pola Pendidikan Anak Jalanan

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi fenomena anak jalanan yang sekarang ini menjadi sangat memprihatinkan dengan pola asuh orang tua yang tidak pas serta minimnya pendidikan yang diterima oleh anak jalanan yang menyebabkan anak-anak jalanan rentan menjadi korban kasus kriminal. Adapun tujuan yang hendak di capai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pola pendidikan anak jalanan di Panti pelayanan Sosial Anak “Mandiri†Kota Semarang yang meliputi pendidikan akademik maupun non akademik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Subjek dalam penelitian ini terdirir dari 3 anak jalanan, 1 Pekerja Sosial, dan 1 Guru Keterampilan di Panti Pelayanan Sosial Anak “Mandiri†Kota Semarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola pendidikan anak jalanan yang digunakan di Panti Pelayanan Sosial Anak “Mandiri†Kota Semarang terdapat pola pendidikan utama yang digunakan yaitu pola pendidikan afektif yang lebih mengarah pada nilai-nilai, emosi, dan motivasi sedangkan pola pendidikan pendukung yang digunakan yaitu pola psikomotorik yang mengarah pada penerapan keterampilan dan life skill serta pola pendidikan kognitif yang mengarah pada transfer ilmu pengetahuan. Serta temuan lain yang di dapatkan peneliti yaitu adanya pola pendidikan baru di Panti “Mandiri†yaitu pola pendidikan religius yang mengarah pada kegiatan ibadah

References

Rizqo, K.A.Anak Jalanan yang dijual Ke WNA Kenal Perantara Via Facebook. (Diakses dari https://m.detik.com/ Kanavino Ahmad Rizqo/ 3 April 2019)

Departemen Sosial Republik Indonesia Direktorat Jenderal Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial Direktorat Bina Pelayanan Sosial Anak. (2005). Anak Terlantar di Dalam Panti. Jakarta

Nurkholis. (2013). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan. Vol.1.No.1.http://ejournal.iainpurwokerto.ac.id [diakses pada 17 Maret 2019]

Putra, dkk. (2015). Pemberdayaan Anak Jalanan di Rumah Singgah. Jurnal Sosial. Vol.5.No.1. https://jurnal.unpad.ac.id [diakses pada 17 Maret 2019]

Shalahuddin, O. (2004). Di Bawah Bayang-Bayang Ancaman. Semarang: Yayasan setara

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif (Untuk penelitian yang bersifat: eksploratif, enterpretif, interaktif dan konstruktif. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Syahrul, A.W. (2017). Analisis Kebijakan Pendidikan Untuk Anak Jalanan di Kota Yogyakarta. Harmoni Sosial:Jurnal Pendidikan IPS. Vol. 4 .No.2. https:journal.uny.ac.id [diakses pada 20 Maret 2019]

Downloads

Published

2019-10-15

How to Cite

Kurniati, A., Supardi, S., & Dian, P. (2019). POLA PENDIDIKAN ANAK JALANAN DI PANTI PELAYANAN SOSIAL ANAK “MANDIRI” KOTA SEMARANG. Quanta : Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan, 3(3), 67–74. https://doi.org/10.22460/q.v3i3p56-63.1399