PEMANTAPAN PILIHAN JURUSAN DI PERGURUAN TINGGI MELALUI WAWANCARA GENOGRAM PADA SISWA SMK
DOI:
https://doi.org/10.22460/q.v5i2p61-66.2463Keywords:
Pilihan Jurusan, Sekolah Menengah Kejuruan, GenogramAbstract
Sekolah menengah kejuruan dibentuk untuk menyiapkan lulusan agar dapat langsung bekerja sesuai keahlian yang ditempa selama siswa sekolah.  Namun ternyata tidak semua siswa SMK ingin langsung bekerja, beberapa di antaranya ingin melanjutkan pendidikan namun masih memiliki kebingungan antara mengambil jurusan yang sama atau berbeda dengan jurusan di SMK. Hal ini terjadi di SMK TI Pembangunan Cimahi. Sebanyak 18 siswa menyatakan diri untuk mengikuti pendidikan lanjutan. Untuk itu penelitian ini bertujuan agar siswa dapat memantapkan pilihan jurusannya di perguruan tinggi melalui wawancara Genogram. Genogram merupakan alat yang dapat digunakan untuk mengungkap karier siswa selama tiga generasi, yaitu generasi kakek-nenek, ayah-ibu, siswa. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif deskriptif.
References
Irmayanti, R. (2018). Genogram untuk Mengembangkan Kemampuan Perencanaan Karir Siswa SMP. Journal of Innovative Counseling : Theory, Practice & Research,1(1): pp.1-8.
Irmayanti, R. (2019). Teknik Bimbingan dan Konseling: Ruang Lingkup Sekolah. Bandung: Edupotensia.
Lim, S.L. (2008). “Transformative Aspect of Genogram Work: Perceptions
and Experiences of Graduate Students in Counseling Training Programâ€. Dalam The Family Journal: Counseling and Therapy for Couples and Family,Vol.11, 45-54.
Peluso, P.R. (2003). “The Ethical Genogram: A tool For Helping Therapist: Understand their Ethical Decision Making Styles†dalam The Family Journal: Counseling and Therapy for Couples and Families,Vol.11, No.3.
Russeffendi, E.T. (2010). Dasar-dasar penelitian Pendidikan dan bidang non eksakta lainnya. Bandung: Tarsito
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Quanta: Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Authors who publish with the Quanta Journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.