Layanan Bimbingan Klasikal Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Pemilihan Karir Siswa di SMPIT Assyifa Boarding School Subang
DOI:
https://doi.org/10.22460/quanta.v7i3.4205Keywords:
Bimbingan dan Konseling, Bimbingan Klasikal, Berdiferensiasi, Pemilihan KarirAbstract
Penelitian dilakukan untuk mewujudkan fungsi layanan BK yaitu sebagai fungsi penyaluran, dalam hal ini pemilihan sekolah lanjutan dan pemilihan jurusan. Dari data awal diketahui bahwa terdapat 31,2% atau 39 dari 125 belum memiliki sekolah lanjutan dan memilih jurusannya. Data tersebut menjadi latarbelakang dilakukannya layanan bimbingan klasikal berdiferensiasi untuk meningkatkan pemilihan karir murid. Metode penelitian ini menggunakan survey dengan instrumennya angket. Hasil dari penelitian ini adalah setelah dilakukannya layanan klasikal berdiferensiasi terdapat 82,4 % atau 103 dari 125 murid sudah memiliki sekolah lanjutan, 17,6% atau 22 dari 125 belum mempunyai pilihan sekolah lanjutan. Kemudian terdapat 73,6% atau 92 dari 125 orang memilih jurusan IPA, 22,4% atau 28 dari 125 orang memilih jurusan IPS, 2,4% atau 3 dari 125 orang memilih jurusan Bahasa, 1,6% atau 2 dari 125 orang memilih jurusan PAI. Dari data tersebut dapat disimpulka bahwa dengan penelitian ini adanya peningkatan pemilihan karir pada murid sebanyak 13,6%.References
Arikunto, S. (2002). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Bathara, M. O. P. (2019). Pengembangan Aplikasi Need Assessment Siswa Untuk Penyusunan Program Bk Di SMK. Jurnal BK Unesa, 9(1), https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/26486
Fauziah, M. (2022). Literatur review: Teknik bimbingan kelompok dalam meningkatkan pemilihan karir bagi siswa. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan. Vol. 2. 2022. http://www.seminar.uad.ac.id/index.php/PSNBK/article/view/12317/2960
Gusteti, M. U., & Neviyarni, N. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi pada pembelajaran matematika di kurikulum merdeka. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 3(3), 636-646.
Handiyani, M., & Muhtar, T. (2022). Mengembangkan Motivasi Belajar Siswa melalui Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi: Sebuah Kajian Pembelajaran dalam Perspektif Pedagogik-Filosofis. Jurnal Basicedu, 6(4), 5817-5826.
Herwina, W. (2021). Optimalisasi kebutuhan murid dan hasil belajar dengan pembelajaran berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175-182
Jatmiko, H. T. P., & Putra, R. S. (2022). Refleksi diri guru bahasa indonesia dalam pembelajaran berdiferensiasi di sekolah penggerak. Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 6(2), 224-232.
Kemdikbud. (021). Model Inspiratif Layanan BK SMP. Jakarta: KEMDIKBUD
Marlina. (2019). Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. Jakarta: Kemdikbudristek
Mastuti, A. G., Abdillah, A., & Rumodar, M. (2022). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Guru Melalui Workshop Dan Pendampingan Pembelajaran Berdiferensiasi. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(5).
Nur, E. W. (2023). Bimbingan Dan Konseling Karir Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Belajar (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XII SMAN 6 Sidrap). Jurnal Guru Dikmen dan Diksus, 6(1).
Pane, R. N., Lumbantoruan, S., & Simanjuntak, S. D. (2022). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. BULLET : Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(3).
Singarimbun, M. (2006). Metode Penelitian Survei, Jakarta: PT. Pustaka LP3ES Indonesia
Suwartiningsih, S. (2021). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan di Kelas IXb Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 80–94. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.39
Wahyuningsari, D., Mujiwati, Y., Hilmiyah, L., Kusumawardani, F., & Sari, I. P. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 529-535.
Winkel, W. &. Sri Hastuti. 2013. Bimbingan Dan Konseling Di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 hasanah hasanah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The author is responsible for acquiring the permission(s) to reproduce any copyrighted figures, tables, data, or text that are being used in the submitted paper. Authors should note that text quotations of more than 250 words from a published or copyrighted work will require a grant of permission from the original publisher to reprint. The written permission letter(s) must be submitted together with the manuscript.