STIMULASI ASPEK KOGNITIF ANAK USIA DINI DALAM BERPIKIR LOGIS MELALUI POWERPOINT INTERAKTIF DI TK LABSCHOOL UPI SERANG
DOI:
https://doi.org/10.22460/ts.v9i2.3940Keywords:
Kognitif, Powerpoint Interaktif, Anak Usia DiniAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena kurangnya aktifitas dan semangat anak pada proses pembelajaran terutama kemampuan berfikir logis dalam memikirkan sebab akibat suatu peristiwa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berfikir logis menggunakan melalui powerpoint interaktif. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan alur kegiatan yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian adalah anak usia 5-6 tahun di TK Labschool UPI Serang. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran melalui Powerpoint interaktif dapat menstimulasi kemampuan kognitif berpikir logis dalam mengklasifikasikan pakaian berdasarkan kelompok yang sejenis, fungsi dan warna. anak dengan adanya slide interaktif yang terdapat materi pembelajaran seputar fungsi, jenis dan macam-macam pakaian.References
Aisyah dan Susanti, H. (2016). Analisis Kemampuan Penalaran Logis Siswa yang Memiliki Gaya Berpikir Sekuensial Abstrak. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY, 17-22
Amelia, N. (2020). ASESMEN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN. 3(1), 69–82. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-athfaal
Ariyanti, T. (n.d.-a). PENTINGNYA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI BAGI TUMBUH KEMBANG ANAK THE IMPORTANCE OF CHILDHOOD EDUCATION FOR CHILD DEVELOPMENT.
Ariyanti, T. (n.d.-b). PENTINGNYA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI BAGI TUMBUH KEMBANG ANAK THE IMPORTANCE OF CHILDHOOD EDUCATION FOR CHILD DEVELOPMENT.
Aziz, A. C. K., Sugito, Kartono, G., Muslim, & Putri, S. R. (2022). Perkembangan Perangkat Pembelajaran. Media Sains Indonesia.
Darma Wisada, P., Komang Sudarma, I., & Wayan Ilia Yuda S, A. I. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERORIENTASI PENDIDIKAN KARAKTER. In Journal of Education Technology (Vol. 3, Issue 3).
Fauziddin, M., & Mufarizuddin, M. (2018). Useful of Clap Hand Games for Optimalize Cogtivite Aspects in Early Childhood Education. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 162. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.76
Havizul. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar Menggunakan Model DDD-E. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 6(2), 283. https://doi.org/10.31571/sosial.v6i2.1202.
Istiqomah, N., & Maemonah, M. (2021). KONSEP DASAR TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF PADA ANAK USIA DINI MENURUT JEAN PIAGET. Khazanah Pendidikan, 15(2), 151. https://doi.org/10.30595/jkp.v15i2.10974
Kurniawan, M. P. (2018). Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia. UNIVERSITAS AMIKOM Yogyakarta.
Maymunah, S., & Watini, S. (n.d.). Pemanfaatan Media Video Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid-19.
Nainggolan et al. (2021). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget.
Nurmazunita S et al. (n.d.). PENGARUH PERMAINAN DAKON BERBIJI TIGA BENTUK GEOMETRI TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR LOGIS ANAK KELOMPOK B Siti Nurmazunita.
Pandapotan Sianipar. (2018). Bekerja Dengan Powerpoint 2016. PT. Elex Media Komputindo.
Parette, HP, Hourcade, JJ, Boeckmann, NM, & Blum, C. (2008). Menggunakan Microsoft®️ PowerPoint™️ untuk mendukung pengembangan keterampilan literasi darurat bagi anak-anak kecil yang berisiko atau penyandang disabilitas. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini , 36 , 233-239.
Permana, P., & Pratita, G. B. (2019). 36 Jam Belajar Komputer Microsoft Powerpoint 2019. Jakarta: PT Alex Komputindo.
Pradilasari, L., Gani, A., & Khaldun, I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual pada Materi Koloid Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 7(1), 9–15. https://doi.org/10.24815/jpsi.v7i1.13293
Purnasari et al. (2020). 15275-39436-2-PB.
Pustpita et al. (2020). Keefektifan Media Pembelajaran Pembelajaran Powerpoint Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar.
Sari, N. M., Yetti, E., & Hapidin, H. (2020). Pengembangan Media Permainan Mipon’s Daily untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 831. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.428
Septiana, N. (n.d.). ICT DALAM PEMBELAJARAN MI/SD.
Susanto,Ahmad. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Bumi Aksara
Yulianto, F., Utami, Y. T., & Ahmad, I. (2018). GAME EDUKASI PENGENALAN BUAH-BUAHAN BERVITAMIN C UNTUK ANAK USIA DINI. In Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika | (Vol. 7, Issue 3).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Syifa Faujiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The author is responsible for acquiring the permission(s) to reproduce any copyrighted figures, tables, data, or text that are being used in the submitted paper. Authors should note that text quotations of more than 250 words from a published or copyrighted work will require grant of permission from the original publisher to reprint. The written permission letter(s) must be submitted together with the manuscript.