Main Article Content
Abstract
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Abidin, S. N. Z., Zain, S. M. M., Hamzah, H. H. M., & Abd Rahim, N. Z. (2017). Misconceptions in solving system of linear. Journal of Global Business and Social Entrepreneurship (GBSE), 1(2), 11–19.
Afifah, D. S. N., Nafi’an, M. I., & Putri, I. M. (2018). Analisis kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal kalkulus peubah banyak. MaPan: Jurnal Matrmatika dan Pembelajaran, 6(2), 207–220. doi:10.24252/mapan.2018v6n2a7
Angraini, L. M. (2019). The influence of concept attainment model in mathematical communication ability at the university students. Infinity Journal, 8(2), 189-198. doi:10.22460/infinity.v8i2.p189-198
Ardiawan, Y. (2015). Analisis kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal induksi matematika di IKIP PGRI Pontianak. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 4(1), 147-163.
Ardina, F. R., & Sa’dijah, C. (2016). Analisis lembar kerja siswa dalam meningkatkan komunikasi matematis tulis siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(2), 171-180.
Argarini, D. F., Yazidah, N. I., & Kurniawati, A. (2020). The construction learning media and level of students’ mathematical communication ability. Infinity Journal, 9(1), 1-14. doi:10.22460/infinity.v9i1.p1-14
Astuti, A., & Leonard, L. (2015). Peran kemampuan komunikasi matematika terhadap prestasi belajar matematika siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2), 102-110. doi:10.30998/formatif.v2i2.91
Astuty, K. Y., & Wijayanti, P. (2013). Analisis kesalahan siswa kelas V dalam menyelesaikan soal matematika pada materi pecahan di SDN Medokan Semampir I/259 Surabaya. MATHEdunesa, 2(3), 1–7.
Asviangga, A. B., Sunardi, S., & Trapsilasiwi, D. (2018). Analisis kemampuan 4C’s siswa dalam menyelesaikan soal matematika berpikir tingkat tinggi. KadikmA, 9(1), 17-23.
Fatimah, F. (2012). Kemampuan komunikasi matematis dan pemecahan masalah melalui problem based-learning. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 16(1), 249-259. doi:10.21831/pep.v16i1.1116
Firdaus, F. (2019). Analisis kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal aljabar linier pada materi matriks. Jurnal InTent: Jurnal Industri dan Teknologi Terpadu, 2(1), 45-52.
Firdaus, M. F., & Aini, I. N. (2019). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa SMP pada materi segitiga dan segiempat. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 2(1b), 529-537.
Kleden, M. A. (2016). Kemampuan komunikasi matematis dan self-directed learning mahasiswa. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(2), 14-20.
Mirna, M. (2018). Errors analysis of students in mathematics department to learn plane geometry. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 335(1), 012116. doi:10.1088/1757-899X/335/1/012116
Novianti, D. E. (2017). Profil pemecahan masalah matematika dalam menyelesaikan permasalahan pemrograman linear ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis mahasiswa. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 6(1), 53-59. doi:10.25273/jipm.v6i1.1698
Nuraida, I., & Amam, A. (2019). Hypothetical learning trajectory in realistic mathematics education to improve the mathematical communication of junior high school students. Infinity Journal, 8(2), 247-258. doi:10.22460/infinity.v8i2.p247-258
Parwati, N., & Suharta, I. (2020). Effectiveness of the implementation of cognitive conflict strategy assisted by e-service learning to reduce students' mathematical misconceptions. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 15(11), 102-118. doi:10.3991/IJET.V15I11.11802
Prabawanto, S. (2019). Enhancement of students’mathematical communication under metacognitive scaffolding approach. Infinity Journal, 8(2), 117-128. doi:10.22460/infinity.v8i2.p117-128
Pratiwi, D. D. (2015). Analisis kemampuan komunikasi matematis dalam pemecahan masalah matematika sesuai dengan gaya kognitif dan gender. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 131-142.
Pratiwi, P. H., Hidayah, N., & Martiana, A. (2017). Pengembangan modul mata kuliah penilaian pembelajaran sosiologi berorientasi HOTS. Cakrawala Pendidikan, 36(2), 201-209. doi:10.21831/cp.v36i2.13123
Rahayuningsih, S., & Jayanti, R. (2019). High order thinking skills (HOTS) mahasiswa program studi pendidikan matematika dalam menyelesaikan masalah grup. MAJAMATH: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(2), 87-93.
Rosita, C. D., Nopriana, T., & Silvia, I. (2019). Design of learning materials on circle based on mathematical communication. Infinity Journal, 8(1), 87-98. doi:10.22460/infinity.v8i1.p87-98
Ruswana, A. M. (2019). Analisis kemampuan pemahaman matematis pada mata kuliah aljabar linier elementer. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 293-299. doi:10.31004/cendekia.v3i2.111
Subekti, F. E., Untarti, R., & Gunawan, G. (2016). Identifikasi kesalahan jawaban mahasiswa ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT), 2(2), 41-52. doi:10.25134/jes-mat.v2i2.346
Syafina, V., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi SPLDV. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2), 118-125.
Umar, W. (2012). Membangun kemampuan komunikasi matematis dalam pembelajaran matematika. Infinity Journal, 1(1), 1-9. doi:10.22460/infinity.v1i1.2
Widodo, S. A. (2013). Analisis kesalahan dalam pemecahan masalah divergensi tipe membuktikan pada mahasiswa matematika. Jurnal pendidikan dan pengajaran, 46(2), 106-113.
Widodo, S. A., Irfan, M., Trisniawati, T., Hidayat, W., Perbowo, K. S., Noto, M. S., & Prahmana, R. C. I. (2020). Process of algebra problem-solving in formal student. Journal of Physics: Conference Series, 1657(1), 012092. doi:10.1088/1742-6596/1657/1/012092
Wijaya, A. A., & Masriyah. (2013). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi sistem persamaan linear dua variabel. MATHEdunesa, 2(1).
Zukhrufurrohmah, Z., & Kusumawardana, A. S. (2019). Analisis Kesalahan Matematis Mahasiswa Teknik Sipil pada Mata Kuliah Kalkulus II. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 4(1), 1-10. doi:10.15642/jrpm.2019.4.1.1-10
Zulfah, Z. (2017). Analisis kesalahan peserta didik pada materi persamaan linear dua variabel di kelas VIII mts negeri sungai tonang. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 12-16.