Main Article Content

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini betujuan untuk mengetahui pengaruh model Missouri Mathematics Project (MMP) pada kemampuan pemahaman dan pemecahan masalah matematika siswa, serta mengetahui hubungan antara kemampuan pemahaman dan pemecahan masalah matematika siswa SMA N 1 Lubuklinggau. Desain penelitian ini adalah randomized pretest-postest control group design. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman dan tes  kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Analisis dilakukan secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Model MMP tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan pemahaman matematika siswa; (2) Model MMP berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa; (3) Terdapat hubungan/keterkaitan antara kemampuan pemhaman dan pemecahan masalah matematika siswa. Kata Kunci    :   Model Missouri Mathematics Project, pemahaman, pemecahan masalah matematika  ABSTRACTThis study aims to determine the effect models Missouri Mathematics Project (MMP) the ability of understanding and solving mathematical problems of students, and to know the relationship between the ability of understanding and solving mathematical problems students SMA N 1 Lubuklinggau. The study design was a randomized pretest-posttest control group design. The instrument used was the test the ability of comprehension and test students' mathematical problem solving ability. Analyses were performed quantitatively. The results showed that (1) Model MMP does not significantly affect the ability of students' understanding of mathematics; (2) Model MMP significantly affect students' mathematical problem solving abilities; (3) There is a relationship / linkages between pemhaman ability and problem solving math students. Keywords:        Model Missouri Mathematics Project, comprehension, mathematical problem solving

Article Details

References

  1. Ahmad (2005). Kemampuan dan Pemecahan Masalah Matematik siswa SLTP dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Tesis. Bandung : Tidak diterbitkan.
  2. Krismanto (2003). Beberapa Teknik, Model, dan Strategi dalam Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Depdiknas.
  3. Minarni, A. (2012). Pengaruh Pembelajaran Berbasis masalah terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik. Prosiding Seminar Nasional. Yogyakarta : UNY
  4. Mullis, et al. (2007). TIMSS 2007 International Mathematics Report. International Study CenterLynch School of Education Boston College.
  5. Shadiq, F. (2009). Model-model Pembelajjaran Matematika SMP. Depdiknas.
  6. Slameto (1995). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.
  7. Slavin, R.E., Cyntia (2007). Effective Programs in Elementary Mathematics : A Best-Evidence Synthesis. U.S. : Department of Education.
  8. Sumarmo, U. (2010). Berpikir dan Disposisi Matematika : Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkannya pada Peserta Didik. Makalah. Bandung : UPI. Tidak diterbitkan.
  9. Wahyudin (2008). Pembelajaran dan Model-model Pembelajaran (Pelengkap untuk meningkatkan Kompetensi Pedagogis para Guru dan calon guru. Bandung : Tidak diterbitkan.
  10. Wijaya, A. (2012). Pendidikan Matematika Realistik, Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Graha Ilmu : Yogyakarta