Bermain Peran Bersama Kelompok Dalam Pembelajaran Arus Searah Loop Sederhana Untuk Program Lintas Minat Fisika

Ida Sri Hendrayani

Abstract


Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas XII IPS 3 SMAN I Rancah Ciamis. Kelas ini merupakan kelas program lintas minat fisika. PTK dilakukan dalam 2 siklus, dengan pendekatan bermain peran dan berkelompok. Bermain peran yang dimaksud dalam penelitian ini adalah, siswa berperan menjadi besaran-besaran fisika yang ada dalam arus searah loop sederhana. Ketika arus sedang berjalan tersebut akan bertemu dengan hambatan dan GGL kemudian memberlakukan hukum II Kirchoof. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah nilai kognitif  siswa mencapai lebih besar atau sama dengan nilai KKM, 74 dengan ketuntasan kelas minimal 80%. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan pendekatan bermain peran dalam kelompok dapat meningkatkan nilai kognitif peserta didik pada pokok bahasan arus searah loop sederhana bagi program lintas minat fisika kelas XII IPS 3 SMA Negeri 1 Rancah tahun ampunnilai rata-rata kognitif meningkat dari 34 pada pretest menjadi 81 setelah siklus II. Dan ketuntasan belajar kelas mencapai 81%.


Keywords


Bermain Peran, Kelompok, Arus Searah Loop Sederhana, progam Lintas Minat

References


Arikunto, Suharsismi.2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Lie, Anita. 2006. Cooperative Learning. Jakarta: PT.Gramedia Widiasarana Indonesia.

Zamarah, Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Komalasari. 2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT. Refika Aditama

https://www.sudutbaca.com. Implementasi-kurikulum-2013-model-peminatan-dan-lintas-minat-sma-kurikulum-2013/




DOI: https://doi.org/10.22460/p2m.v5i2p69-74.1020

Article Metrics

Abstract view : 13 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.