PENGARUH METODE KOOPERATIF LEARNING TIPE JIGSAW TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VI SDN TUNAS BAKTI SUBANG TAHUN PELAJARAN 2018 / 2019

Authors

  • Wiwin Yuliani IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/q.v3i2p23-28.1277

Keywords:

kemandirian belajar, metode kooperatif learning tipe jigsaw

Abstract

Hakikat dari pembelajaran adalah memberikan pelayanan bagi siswa agar dapat merubah tingkah laku ke arah perkembangan pribadi yang optimal. Perkembangan pribadi yang optimal ini harus dilakukan secara mandiri oleh sendiri. Strategi pembelajaran seyogyanya harus diarahkan kepada strategi yang merangsang siswa untuk menyadari bahwa ia memiliki potensi dalam dirinya. Sehingga siswa mampu berkembang secara mandiri dalam proses pembelajaran. Namun kenyataan di SDN Tunas Bakti terdapat salah satu masalah yaitu proses pembelajaran belum dilaksanakan dengan menggunakan strategi yang mendukung terhadap peningkatan kemandirian belajar siswa. metode kooperatif learning tipe jigsaw merupakan salah satu metode belajar yang diasumsikan mempunyai pengaruh terhadap kemandirian belajar siswa.Untuk kepentingan mendapatkan alternatif pemecahan dari masalah tersebut, dilakukan penelitian dengan fokus permasalahan yang dikaji meliputi 1)Gambaran umum kemandirian belajar siswa kelas VI SDN Tunas Bakti; 2)Gambaran kemandirian belajar siswa kelas V SDN Tunas Baktisetelah melakukan pembelajaran dengan metode kooperatif learning tipe jigsaw; 3) metode kooperatif learning tipe jigsaw terhadap kemandirian belajar siswa kelas VI SDN Tunas Bakti. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen bentuk nonequivalen control group design . Teknik pengambilan sampel digunakan dengan cara teknik purposive sample. Populasi penelitian seluruh siswa kelas V SDN Tunas Bakti dengan sampel penelitian siswa kelas VIA dan VIF.

References

Arends, R. (2008). Learning To Teach Belajar Untuk Mengajar (7th ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ningrum, B. N. (2013). Pengaruh Lingkungan Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI Di MAN Keboan Tahun Pelajaran 2012-2013. (Jurnal). Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Persatuan Guru Reppublik Indonesia. Jombang

Purwanto, T. (2013). Pengaruh Kemampuan Bersosialisasi, Kemandirian Belajar, Dan Kemampuan Beradaptasi Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Elektronika Industri Terapan Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Pengasih. (Jurnal Skirpsi). Program Studi Pendidikan Teknik Mekatronika, Jurusan Pendidikan Teknik Elekto Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta.

Slavin, R.E. (2009). Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktek Jilid 2. Jakarta: PT Indeks

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung.

Downloads

Published

2019-05-01

How to Cite

Yuliani, W. (2019). PENGARUH METODE KOOPERATIF LEARNING TIPE JIGSAW TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VI SDN TUNAS BAKTI SUBANG TAHUN PELAJARAN 2018 / 2019. QUANTA: Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan, 3(2), 39–43. https://doi.org/10.22460/q.v3i2p23-28.1277