KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK TINGKAT SMA
DOI:
https://doi.org/10.22460/q.v3i1p15-19.1556Keywords:
Kata kunci, Kemandirian, peserta didik, sekolah menengah atas.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap tingkat kemandirian peserta didik tingkat SMA. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Talaga. Populasi dari penelitian ini berjumlah 279 peserta didik. Instrumen penelitian mengacu pada perkembangan kemandirian yang harus berkembang pada masa remaja yang dikemukakan oleh Steinberg yang terdiri dari tiga aspek yaitu kemandirian emosi, kemandirian nilai dan kemandirian perilaku. Hasil data menunjukkan bahwa terdapat 24 orang peserta didik SMA Negeri 1 Talaga yang memiliki kategori rendah dengan persentase sebesar 8%. Sebagian lagi berkatagori sedang sebesar 163 orang dengan persentase 59%, dan berkatagori tinggi sebesar 92 orang dengan persentase 33%.References
Alwisol., (2004). Psikologi Kepribadian, Malang: UM Press.
Budiman, N., (2012)., Perkembangan Peserta Didik. Bandung: UPI Press.
Glazard., Peggy., (1981). Training Student To Work Independently In Class Room, Teaching Exceptional Childreen.
Habsy, A. B., (2018). Efektivitas Konseling Kelompok Cognitive Behavior untuk meningkatkan Self Esteem siswa, FKIP Universitas Darul Ulum Jombang.
Nazmi., F., D., (2014). Rangkuman Desain Penelitian Eksperimen. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Oemarjoedi., K., (2003). Pendekatan Cognitive Behavior dalam Psikoterapi, Jakarta: Kreativ Media Jakarta.
Rutkiene., A., & Golskiene., T. I., (2013). Student’ Ability To Act Independently In University Studies. Lithuania:Vytautas Magnus University.
Steinberg., L., (1993). Adolescence 3th., Sanfrancisco: McGraw Hill Higher Education.