KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK TINGKAT SMA
DOI:
https://doi.org/10.22460/q.v3i1p15-19.1556Keywords:
Kata kunci, Kemandirian, peserta didik, sekolah menengah atas.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap tingkat kemandirian peserta didik tingkat SMA. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Talaga. Populasi dari penelitian ini berjumlah 279 peserta didik. Instrumen penelitian mengacu pada perkembangan kemandirian yang harus berkembang pada masa remaja yang dikemukakan oleh Steinberg yang terdiri dari tiga aspek yaitu kemandirian emosi, kemandirian nilai dan kemandirian perilaku. Hasil data menunjukkan bahwa terdapat 24 orang peserta didik SMA Negeri 1 Talaga yang memiliki kategori rendah dengan persentase sebesar 8%. Sebagian lagi berkatagori sedang sebesar 163 orang dengan persentase 59%, dan berkatagori tinggi sebesar 92 orang dengan persentase 33%.References
Alwisol., (2004). Psikologi Kepribadian, Malang: UM Press.
Budiman, N., (2012)., Perkembangan Peserta Didik. Bandung: UPI Press.
Glazard., Peggy., (1981). Training Student To Work Independently In Class Room, Teaching Exceptional Childreen.
Habsy, A. B., (2018). Efektivitas Konseling Kelompok Cognitive Behavior untuk meningkatkan Self Esteem siswa, FKIP Universitas Darul Ulum Jombang.
Nazmi., F., D., (2014). Rangkuman Desain Penelitian Eksperimen. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Oemarjoedi., K., (2003). Pendekatan Cognitive Behavior dalam Psikoterapi, Jakarta: Kreativ Media Jakarta.
Rutkiene., A., & Golskiene., T. I., (2013). Student’ Ability To Act Independently In University Studies. Lithuania:Vytautas Magnus University.
Steinberg., L., (1993). Adolescence 3th., Sanfrancisco: McGraw Hill Higher Education.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Quanta: Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Authors who publish with the Quanta Journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.