Profile of Students' Interpersonal Communication Level at SMA Negeri 9 Semarang
DOI:
https://doi.org/10.22460/quanta.v8i1.4438Keywords:
Komunikasi Interpersonal, Peserta Didik, Sekolah Menengah AtasAbstract
Penelitian ini di latar belakangi dengan adanya peserta didik yang memiliki komunikasi interpersonal kurang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat komunikasi interpersonal pada peserta didik kelas X SMA Negeri 9 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif dan metode studi deskriptif. Populasi penelitian ini adalah kelompok usia remaja di SMA Negeri 9 Semarang dengan jumlah sampel 396 terdiri dari kelas X sebanyak 11 kelas dengan rata rata satu kelas 36 responden. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 199 peserta didik kelas X dengan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat komunikasi interpersonal di SMA Negeri 9 Semarang Tahun Ajaran 2023/2024 dengan presentase Tingkat Komunikasi Interpersonal masuk dalam kategori rendah berjumlah 44 peserta didik dengan persentase 22,11%, sedangkan kategori sedang berjumlah 134 peserta didik dengan persentase 67,34%, dan juga kategori tinggi yang berjumlah 21 peserta didik dengan persentase 10,55%. Hal tersebut dapat menggambarkan bahwa jumlah tingkat komunikasi interpersonal terbanyak pada siswa kelas X SMA Negeri 9 Semarang berjumlah sekitar 134 peserta didik termasuk dalam kategori Sedang. Dalam penelitian ini menunjukan bahwa komunikasi interpersonal yang di miliki peserta didik kelas X di SMA Negeri 9 Semarang Tahun ajaran 2023/2024 berada pada rata-rata di kategori sedang.References
Endah, N., Eti Rohaeti, E., & Supriatna, E. (2021). Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Margaasih Kabupaten Bandung. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 4(2), 121. https://doi.org/10.22460/fokus.v4i2.6600
Eriyanti, E., Arafat, Y., & Eddy, S. (2021). Pengaruh Komunikasi Interpersonal dan Manajemen Konflik Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 2998–3004.
Fahrunnisa, H., & Murad, A. (2023). Hubungan Empati dan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Komunikasi Interpersonal pada Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Binjai. Tabularasa: Jurnal Ilmiah Magister Psikologi, 5(1), 11–20. https://doi.org/10.31289/tabularasa.v5i1
Hutajulu, D. A., Syamsuddin, S., & Ariani, W. A. (2021). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Komunikasi Interpersonal Siswakelas Xi Ipa 1 Sman 09 Kota Bengkulu. Psikodidaktika: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 192. https://doi.org/10.32663/psikodidaktika.v6i1.1343
Iffah, F., & Yasni, Y. F. (2022). Manusia Sebagai Makhluk Sosial Pertemuan. Lathaif: Literasi Tafsir, Hadis Dan Filologi, 1(1), 38–47.
Imam, H., Trisnani, R. P., & Fitri, W. (2022). Studi Korelasi Antara Interaksi Sosial Dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Harga Diri Siswa. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 5(1), 21–28
Kesitawahyuningtyas, M. T., & Padmomartono, S. (2014). Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Melalui Layanan Bimbingan Klasikal Pada Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Getasan, Kabupaten Semarang. Satya Widya, 30(2), 63. https://doi.org/10.24246/j.sw.2014.v30.i2.p63-70
Pribadi, E. A., & Erdiansyah, R. (2020). Pengaruh Kepercayaan Diri dan Harga Diri Terhadap Keterampilan Komunikasi Interpersonal Remaja di Jakarta. Koneksi, 3(2), 453. https://doi.org/10.24912/kn.v3i2.6454
Putri, S. D., Aprison, W., & Sari, I. (2020). Pengaruh Konsep Diri Terhadap Komunikasi Interpersonal Siswa. 1(3), 104–110.
Rasimin, R., Yusra, A., & Wahyuni, H. (2021). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 314–320. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.261
Solihah, N. A., & Solichin, M. (2019). Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 210–229. http://journal.unipdu.ac.id:8080/index.php/jpi/article/view/1997
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung; Alfabeta
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet
Wiananda, I. (2020). Peran Komunikasi Interpersonal Orang Tua Dalam Membangun Motivasi Belajar Anak Di Kelurahan Campang Jaya Kecamatan Sukabumi Bandar Lampung. Skripsi, 60. http://repository.radenintan.ac.id/
Widodo, H., Sari, D. P., Wanhar, F. A., & Julianto, J. (2021). Pengaruh Pemberian Layanan Bimbingan dan Konseling Terhadap Komunikasi Interpersonal Siswa SMK. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2168–2175. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1028
Wijayani, Q., & Wijayani, Q. N. (2021). Efektivitas Komunikasi Interpersonal Anak Jalanan. Jurnal Komunikasi, 15(2), 181–194. https://journal.trunojoyo.ac.id/komunikasi/article/view/13200
Yuliana, R., & Rahadi, D. R. (2021). Komunikasi Interpersonal Dalam Meningkatkan Motivasi Karyawan Di Masa Pandemi Covid-19. Magisma: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 9(1), 27–35. https://doi.org/10.35829/magisma.v9i1.133
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Vendilla Noores
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The author is responsible for acquiring the permission(s) to reproduce any copyrighted figures, tables, data, or text that are being used in the submitted paper. Authors should note that text quotations of more than 250 words from a published or copyrighted work will require a grant of permission from the original publisher to reprint. The written permission letter(s) must be submitted together with the manuscript.