MOTIVASI BELAJAR SISWA DARI KELUARGA BERCERAI
DOI:
https://doi.org/10.22460/q.v3i3p72-78.1470Keywords:
Kata kunci, motivasi belajar, perceraian, studi kasusAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya motivasi belajar yang tergolong rendah oleh siswa dari keluarga bercerai di SMA N 3 Pemalang. Hal ini ditunjukkan dengan ketidak aktifan siswa dalam proses pembelajaran, sering menunda-nunda dalam mengerjakan tugas, sering tidak masuk sekolah, kurang antusias anak dalam mengikuti pelajaran, tidak adanya kesadaran akan belajar, tidak adanya perencanaan belajar yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar siswa dari keluarga bercerai. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subyek pada penelitian ini terdiri dari tiga orang siswa yang berasal dari keluarga bercerai di SMA N 3 Pemalang. Simpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa dari keluarga bercerai yang tergolong rendah yang disebabkan oleh permasalahan yang bersumber pada keluarga serta kurangnya dukungan dari orang terdekat terutama keluarga. Â
References
Hamalik, O. (2010). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Wahab, R. (2015). Psikologi Belajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Djamarah,S. B. (2011). Psikologi Belajar (Edisi II). Jakarta: Rineka Cipta
Mahmud. (2010). Psikologi Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia..
Hamzah, B.U.. (2011). Belajar dengan Pendekatan.Jakarta: PT Bumi Aksara.
Mudjiono, D. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hayati, F. (2016). Profil Keluarga Bercerai dan Pengaruhnya Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak. Dosen PG-Paud STKIP Bina Bangsa Getsempena.
Yusuf. (2014). Dampak Perceraian Orang Tua Terhadap Anak.Departemen Pendidikan dan Kebudyaan.
Nur’aeni dan Dwiyanti,R. (2009). Dinamika Psikologis Perempuan Yang Bercerai. Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
Dariyo, A. (2004). Memahami Psikologi Perceraian dalam Keluarga. Fakultas Psikologi Universitas Indonusa Esa Unggul.
Agency. (2011). Ketika orangtua bercerai. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta Cv.
Tohirin.(2012). Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Moleong, J.L. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Quanta: Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Authors who publish with the Quanta Journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.