Self-Esteem Pada Siswa SMP Korban Bullying
DOI:
https://doi.org/10.22460/q.v2i2p%25p.1630Keywords:
Kata kunci, Perundungan (Bullying), Self-EsteemAbstract
Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi tingkat self-esteem siswa korban bullying di SMPN Warungkondang-Cianjur. Partisipan penelitian ini terdiri dari sepuluh orang siswa yang mempunyai pengalaman sebagai korban perundungan (bullying). Mereka diminta untuk mengisi Formulir Informasi Pribadi (Personal Information Form) yang dikembangkan oleh peneliti untuk menjaring data yang berkaitan dengan tingkat kelas dan jenis kelamin dan angket Self- Esteem Survey (SES) dari Rosenberg yang terdiri dari 10 item dan meliputi tiga aspek, yakni self-worth, attitude, dan satisfaction. Hasil penelitian menunjukan bahwa untuk sebagaian besar dari item pernyataan dalam angket mempunyai self-esteem yang positif, namun siswa mengharapkan penghargaan diri (wish for self-respect) yang lebih besar dari lingkungan sosial mereka. Jika dikaitkan dengan level kelas, hasil penelitian menunjukan bahwa ada perbedaan tingkat self-esteem antara siswa kelas VI, VII, dan IX walaupun perbedaan tersebut tidak signifikan. Hasil penelitian juga menunjukan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara siswa laki-laki dan siswa perempuan dalam tingkat self-esteem mereka. Kata kunci: Perundungan (Bullying), Self-EsteemReferences
Awake (2003, August 22). Bullying: What Can You Do About It? Pp. 3-11.
Alwisol. (2009). Personality Psychology: Revised Edition. Malang: UMM Press.
Blascovich, J. & Tomaka, J. (1993). Measures of personality and social psychological attitudes. Third Edition. Ann Arbor, MI: Institute for Social Research.
Branden, N. (2001). The psychology of self-esteem. San Francisco: Jossey-Bass .
Brinthaupt, T. M., & Lipka, R. P. (1992). Introduction. In T. M. Brinthaupt & R. P. Lipka (Eds.), The self Definitional and methodological issues (pp. 1–11). Albany: State of University of New York Press.
Childline (2009). Bullying in Schools. Retrieved September 30, 2009 from http://www.childlinesa.org.za/content/view/34/88.
Cooley, C.H. (1902). Human nature and the social order. NY: Scribner.
Coopersmith, S. (1967). The antecedents of self-esteem. San Fransisco: W.H. Freeman & Company.
Duncan, R. E. (1999). Peer and Sibling Aggression: An Investigation of Intra and Extra- Familial Bullying. Journal of Interpersonal Violence, 14, 871-886.
Dariuszky, G. (2004). Membangun Harga Diri. Bandung : CV. Pionir Jaya.
Crocker, J., Luhtanen, R., Blaine, B., Broadnaz, S. (1994) Collective self-esteem and psychological well-being among White, Black and Asian college students. Personality and Social Psychology Bulletin, 20, 503–513.
Frey, Diane. & Carlock, C. Jesse. 1984. Enhancing Self-Esteem. Indiana: Accelerated Development Inc.
Hoffman, M.A., Levy-Shiff, R., & Ushpiz, V. (1988). Social support and self-esteem in adolescents. Journal of Youth and Adolescence, 17, 307-316.
Nansel, T. R., Overpeck, M., Pilla, S. P., Ruan, W. J., Simmons-Morton, B. & Scheidt, P. (2001). Bullying behaviors among US youth prevalence and association with psychosocial adjustment. Journal of the American Medical Association, 285, 2094-2100.
Oyaziwo, A. (2006). Bullying in Schools: A Form of Child Abuse in Schools. Educational Research Quarterly. 30 (1), 37-49.
O’Moore, M. & Kirkham, C. (2001). Self-esteem and its relationship to bullying behaviour. Aggressive Behavior, 27, 269-283.
Rosenberg, M. (1965). Society and the adolescent self-image. Princeton, NJ: Princeton University Press.
Santrock, J.W. (2004). Life-Span Development. (9th Ed). NY: McGraw-Hill.
Sullivan, K. (2000). The Anti-Bullying Handbook. United Kingdom: Oxford University Press
Wilson, D. (2004). The interface of school climate and school connectedness and relationships with aggression and victimization. Journal of School Health, 74, 293-299.