EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK DESENSITISASI SISTEMATIK UNTUK MEREDUKSI KECEMASAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA MADRASAH ALIYAH

Authors

  • Dimas Ardika Miftah Farid Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.22460/q.v4i2p69-76.1764

Keywords:

Kata kunci, konseling kelompok, teknik desensitisasi sistematik, kecemasan belajar matematika

Abstract

Tujuan riset ini adalah guna mengkaji efektifitas konseling kelompok dengan teknik desensitisasi sistematik untuk mereduksi kecemasan belajar matematika siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Mojokerto. Metode eksperimen dengan desain one group pretest-posttest adalah metode rujukan dalam riset ini. Peneliti memilih enam subjek dari kelas X yang mengalami kecemasan belajar matematika dengan kategori sangat tinggi dan tinggi. Dalam riset ini ditemukan adanya reduksi kecemasan belajar matematika siswa dilihat pada skor rata-rata ketika subjek penelitian diberikan pretest adalah 82.23% dan skor rata-rata setelah subjek penelitian diberikan perlakuan, rata-rata hasil posttest 51.62%, yang mengalami penurunan rata-rata sebanyak 30.61atau kategori rendah. Berdasarkan penelitian ini, bisa dikatakan bahwa konseling kelompok dengan teknik desensitisasi sistematik efektif mereduksi kecemasan belajar matematika siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Mojokerto. 

References

Armasari, K D. (2013). Penerapan Model Konseling Behavioral dengan Teknik Meminimalisisasi Tingkat Kecemasan dalam Proses Pembelajaran Siswa Kelas VII A2 SMP Negeri 2 Sawan Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undhiksa 1 (1).

Corey, G. (2007). Teori Dan Praktek Konseling Dan Psikoterapi. Bandung: Refika Aditama.

Corey, G. (2013). Teori dan Praktek Konseling & Psikoterapi. Bandung: Refika Aditama

Dacey, J. &Kenny, M. (2000). Adolesence development Secondedition. United States of America: Times Mirror Higher Education Group Inc.

Dwirahayu, G. dan Masud, A. (2017). Mengurangi Kecemasan Matematika Siswa dalam Pembelajaran. Forum Diskusi Dosen Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 2017 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Kartono, K. (2009). Psikologi Abnormal. Bandung: CV.

Mandar Maju.

Nevid, S J. (2006). Abnormal Psychology in a Changing World (6th ed.). New Jersey: Prentice Hall.

Rahmawati, A. dkk. (2014). Statistika Teori dan Praktek Edisi II. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Siyoto, S. dan Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Sudrajat, A. (2008). Upaya Mencegah Kecemasan Siswa di Sekolah. (Online). (https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/07/01/upaya-mencegah kecemasansiswa-di-sekolah/comment-page-1/), diakses pada tanggal 13 Januari 2020).

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Tresna, G. I. (2011). Efektifitas Konseling Behavioral dengan Teknik De-sensitisasi Sistematis untuk Mereduksi Kecemasan Menghadapi Ujian. Jurnal Ilmu Pendidikan. 2 (2): 1-8.

Zuriah, N. (2006). Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan Teori-Aplikasi. Jakarta : Bumi Aksara.

Downloads

Published

2020-05-31

How to Cite

Farid, D. A. M. (2020). EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK DESENSITISASI SISTEMATIK UNTUK MEREDUKSI KECEMASAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA MADRASAH ALIYAH. QUANTA: Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan, 4(2), 69–76. https://doi.org/10.22460/q.v4i2p69-76.1764