PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PEER GROUP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA
DOI:
https://doi.org/10.22460/q.v3i2p29-35.1501Keywords:
Kata kunci, bimbingan kelompok, teknik peer group, kemampuan komunikasi siswaAbstract
Penelitian ini menelaah Penerapan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Peer Group untuk meningkatkan kemampuan komunikasiSiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan bimbingan kelompok dengan teknik peer groupmampu meningkatkan kemampuan komunikasisiswakelas XI IPS di SMA Negeri 3 Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekaan kuantitatif dengan model Pre-Eksperimental Design. Desain Experimen yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest Design.Subyek penelitian ini adalah 18 orang siswa yang ditentukan dengan teknik simple random sampling.Pengumpulan data dengan menggunakan instrumenobservasi dan angket.Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, analisis non parametrik, yaitu uji wilcoxon.dilaksanakan melalui lima tahap yaitu tahap awal (peer group), tahap pembentukan, tahap peralihan, tahap kegiatan dan tahap pengakhiran.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan bimbingan kelompok dengan teknik peer group mampu meningkatkan kemampuan komunikasi siswa.Â
References
Abimanyu, S. (1983). Teknik Pemahaman Individu (Teknik Nontesting). Makassar: FIP UNM
Abimanyu, S. dan Samad, S.(2003). Pedoman Penulisan Skripsi. Makassar: FIP UNM
Asmara, T.(2007).Efektifitas Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Peer Group Untuk menurunkan Frekuensi kebiasaan Membolos Pada Siswa Kelas II SMP Mardisiswa I Semarang. [Online]. http://digilib.unnes.ac.id. (diakses 18 Oktober 2011)
Changara, H.( 2003).Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada Deddy, M. (2005).Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Hadi, S.( 2004). Statistik Jilid 1. Yogyakarta: Andi offset. Hardjana, A.M.(2003). Komunikasi Intrapersonal dan Interpersonal.Yogyakarta: Kanisius.
Kurnia, A. (2009).Hakikat Komunikasi.[Online].http//blogspot.com. (Akses 20 Januari 2012)
Littlejohn. (1999).Theories of Human Communication. Belmont. California: Wadsworth Publishing Company.
Mudrika, N.(2009). Cara Membangun Komunikasi Efektif. Online. http//wordpress.com. Akses 29 Mei 2012.
Prayitno.(1995). Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok. Jakarta: Ghalia Indonesia.
______ . (1997). Pelayanan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Umum.Jakarta: PT. Ikrar Mandiriabadi.
______ . (1998). Seri Pemandu Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling di Sekolah.Jakarta: PT. Ikrar Mandiriabadi.
Rakhmat, J.(2005). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya Rama. (2009). Peer Group. [Online]. http//Kompas.com. (Akses 20 Desember 2011)
Rully.(2009). Komunikasi Efektif. [Online]. http//blogspot.com. (Akses 23 April 2012) Romlah, T. (2001). Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: UM
Santoso, S. (1999). Dinamika Kelompok. Jakarta: Bumi Aksara.
Sinring A, et al. (2012). PedomanPenulisanSkripsi Program S-1 Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar.Makassar: FIP UNM
Sugiyo. (2005). Komunikasi Antarpribadi. Semarang: UNNES Press Sugiyono. (2005). Statistika Untuk Penelitian. Bandung : CV. Alfabeta.
______ . (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta .
_______ .(2010).Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatf,dan R&D).Bandung:Alfabeta
Supratiknya.(1995). Komunikasi Antarpribadi Tinjauan Psikologis. Yogyakarta: Kanisius. Tiro, M.A. (2004).Dasar-dasar Statistik. Ujung Pandang: UNM.
Tizna. (2009).Komunikasi Efektif.[Online].http//tizna.student.fkip.ins.ac.id. (Akses 20 Januari 2012)
Wiryanto. (2005).Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Grasindo Winkel, W.S. (1977). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: PT. Gramedia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Quanta: Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Authors who publish with the Quanta Journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.