MOTIVASI BELAJAR ANAK USIA DINI MELALUI METODE PEMBELAJARAN EKSPERIMEN PASCA BENCANA GEMPA BUMI

Authors

  • Heni Nafiqoh IKIP SILIWANGI
  • Fanny Khotimah IKIP SILIWANGI
  • Mila Mardianti Fadlah IKIP SILIWANGI
  • Fitrotunnisa Nadhmi Kamil IKIP SILIWANGI
  • Husniyah Arofah Fadilah IKIP SILIWANGI
  • Isma Aisyah Fauziah IKIP SILIWANGI
  • Lisnawati IKIP SILIWANGI
  • Lutfi Nurul Nisa IKIP SILIWANGI

DOI:

https://doi.org/10.22460/ts.v9i2.3724

Keywords:

Motivasi Belajar, Metode Eksperimen, Bencana Gempa Bumi

Abstract

Permasalahan yang muncul di salah satu taman kanak-kanak di Cianjur adalah terdapat beberapa anak yang motivasi belajarnya sangat kurang dikarenakan dampak dari bencana alam yaitu gempa bumi. Tujuan penelitian yaitu meningkatkan motivasi dengan metode pemebalajaran eksperimen pasca gempa bumi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang diperoleh dari observasi, dokumentasi dan wawancara kepada anak kelompok A, dua pendidik, kepala sekolah serta orang tua sebagai subjek penelitian. Kemudian data yang sudah diperoleh dianalisis dengan analisis data kualitataif. Hasil penilaian menunjukan bahwa dengan metode pembelajaran eksperimen sederhana pada semester satu tahun 2022/2023 guru membimbing dan mengajarkan kegiatan eksperimen sederhana sesuai dengan tema, hasil tingkat pencapaian motivasi belajar anak melalui metode eksperimen dinyatakan bahwa dari sepuluh anak yang diteliti delapan anak berkembang sangat baik (BSB) dari tiga indikator yang diteliti sedangkan dua anak dalam indikator terakhir menunjukkan berkembang sesuai harapan (BSH).

References

Agus Suprijono. Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011)

Cannady, M. A., Vincent-Ruz. P., Chung, J.M., & Schunn, C. D. (2019). Scientific sensemaking supports science content learning across disciplines and instructional contexts. Contemporery Educational Psycology, 59, 101802. https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2019.101802

Creswell, J. (2015). Riset Pendidikan, Perencanaa, Pelaksanaan, dan Evaluasi Riset Kualitatif dan Kuantitatif (Edisi Kelima). Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Hamzah B. Uno, Teori Motivasi & Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan, (Jakarta: Bumi Aksara, 2008), hal.1

Hasan, M. (2013). Pendidikan Anak Usia Dini. Jogjakarta:DIVA Press

Khaeriyah, E., Saripudin, A., & Kartiyawati, R. (2018). Penerapan Metode Eksperimen dalam Pembelajaran Sains untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 102-119

Moleong, L., J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Munir, M. (2003). Geologi Lingkungan. Malang: Bayu Media Publishing.

Musfiroh. (2008) Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Tanggerang: Universitas Terbuka

Mustika, Y., & Nurwidaningsih. (2018). Pengaruh Percobaan Sains Anak Usia Dini terhadap Perkembangan Kognitif Anak di TK Kartika Siwi Pusdikpal Kota Cimahi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak USia Dini. Vol 2 (1) 94-101

Rachmawati, Y. (2010). Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Rismawati, M., & Khairiati, E. (2020). Analisis faktor yang mempengaruhi rendahnya motivasi belajar Peserta Didik pada mata pelajaran matematika. J-PiMat: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2).

Rohmalina, R. (2019). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Pembelajaran Tematik Dengan Metode Eksperimen Bercocok Tanam Di Kelompok B. Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(4), 115-121

Ruff, L. J. (2002). State of Stress within the Earth. International Handbook of Earthquake & Engineering Seismology, Part A, 539-558.

Sardiman A.M, Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2007)

Sujiono, (2014). Kemampuan kognitif anak usia dini. Retrieved May 12, 2020 from : http://repository.ut.ac.id/4687/

Sujiono, Y. N. (2013).Metode Penlitian. Jakarta: PT Indeks.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

suryaningsih, A., Rimpiati, N, L. (2018). Implementation of Game-Based Thematic Science Approch in Developing Early Childhood Cognitive Capabilities. Jurnal Obsesi Pendidikan Anak usia Dini. Vol 2 (@) 194-201 DOI: 10.31004/obsesi.v2i2.90

Waluyo Adi, dkk, Pendidikan Penitipan Anak/Kelompok Bermain, (Yogyakarta: FIP UNY, 2007)

Published

2023-10-17