PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PGSD
DOI:
https://doi.org/10.22460/p2m.v7i1p48-54.1531Keywords:
Media Pembelajaran, keterampilan proses sains, motivasi belajar.Abstract
Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan media pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan proses sains dan motivasi belajar mahasiswa PGSD. Metode yang digunakan adalah quasi Eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa PGSD IKIP Siliwangi semester 1. Sampel pada penelitian adalah 82 orang mahasiswa . Instrumen yang digunakan meliputi tes, angket, lembar validasi, dan lembar observasi. Hasil Penelitian menunjukan bahwa nilai sig. (2-tailed) 0,023 < 0,05, dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, peningkatkan keterampilan proses sains mahasiswa menggunakan media pembelajaran lebih baik daripada pendekatan konvensional. Hasil angket menunjukan bahwa sebagian besar mahasiswa merasa senang dan bersemangat dalam belajar meskipun ada sebagian yang mengalami kesulitan.References
Abidin, Y. (2013). Desain Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung:Refika Aditama.
Bundu, P. (2006). Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Sains Sekolah Dasar. Jakarta:Depdikbud.
E. Mulyasa. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya
Hamalik, O. 2005. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT bumi Aksara.
Kelana, J. B. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. Tesis PASCA UNJ: Tidak diterbitkan.
Kelana, J. B. (2018). the Effect of the Learning Media and the Ability To Think Creative of To the Ability To Science Literacy Student of Elementary School. PrimaryEdu - Journal of Primary Education, 2(2), 79. https://doi.org/10.22460/pej.v2i2.1008
Kelana, J. B., & Pratama, D. F. (2019). BAHAN AJAR IPA BERBASIS LITERASI SAINS. BANDUNG: LEKKAS.
Sadirman, S. A, dkk. (2008). Media Pembelajaran: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Saldino, E. S., Lowther, L. D dan Russel, D. J. (2012). Instructional Technology and Media for Learning. Ohio:Pearson.
Sugiyono (2010). tatistika untuk Penelitian. Bandung: Alfa Beta.
Uno, B. H. (2006). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta : Bumi Aksara.
Uno, B. H dan Lamatenggo, N. (2011) Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.