ANALISIS PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA DI SD/MI KOTA BANDUNG

Authors

  • Harry Dwi Putra Dosen Tetap Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi
  • Puji Nurfauziah Dosen Tetap Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/p2m.v2i1p7-18.157

Keywords:

Pembelajaran Matematika, Pendidikan Matematika Realistik Indonesia.

Abstract

ABSTRAK Salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat digunakan guru berorientasi pada penerapan matematika dalam kehidupan nyata adalah Pendekatan Matematika Realistik (PMR). Di Indonesia dikenal dengan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). PMR merupakan suatu teori dalam pendidikan matematika yang dikembangkan pertama kali di negeri Belanda oleh Hans Freudhental dengan nama Realistic Mathematic Education (RME). Teori ini didasarkan pada persepsi bahwa matematika adalah aktivitas manusia dan matematika harus dihubungkan secara nyata dalam konteks kehidupan siswa. Kegiatan pembelajaran lebih menekankan pada aktivitas siswa untuk mencari, menemukan, dan membangun pengetahuan, sehingga pembelajaran terpusat pada siswa. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran secara mendalam mengenai proses pembelajaran matematika berbasis PMRI di SD/MI Kota Bandung dengan latar alamiah atau tanpa perlakuan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Bentuk penelitian yang digunakan adalah participant observation dengan jenis observasi terbuka. Peneliti berperan sebagai observer langsung dan pewawancara. Dalam penelitian ini digunakan metode observasi kelas untuk mendapatkan gambaran proses pembelajaran matematika berbasis PMRI, yang kemudian akan dijadikan dasar sebagai pemilihan subjek penelitian. Penelitian ini dilaksanakan di tiga sekolah dasar, yaitu SDPN Sabang, SDPN Setiabudi, dan MIN Cicendo, sebagai sekolah mitra pembelajaran matematika berbasis PMRI. Subjek penelitian yang akan dipilih adalah siswa kelas III, karena peneliti ingin mengetahui secara khusus bagaimana penerapan PMRI terhadap materi matematika di kelas III SD/MI. Berdasarkan skor skala diferensial semantik yang dilakukan oleh dua observer rerata skor yang diperoleh oleh SDPN Sabang, SDPN Setiabudi, dan MIN Cicendo berturut-turut adalah 2,46, 2,04, dan 2,32. Ketiga rerata skor ini berada pada kriteria baik dengan interval (3, 2, 1, 0, -1, -2, -3) dan memenuhi karakteristik dalam pendekatan PMRI. Kata Kunci: Pembelajaran Matematika, Pendidikan Matematika Realistik Indonesia.  ABSTRACT One of learning approachment which can be used in Mathematics appliances in the real life is a Realistic Mathematics Approachment (PMR). In Indonesia, it is known as The Indonesian Realistic Mathematics Education (PMRI). The theory is based on the assumption that mathematics is about human activities and must be connected to the student’s real life. The purposes of the research are to describe about the process of Mathematics learning based PMRI in SD/MI in Bandung naturally. The research is qualitative and using the participant observation which used opened observation. The researcher is as an direct observer and interviewer. The research is used class observation methods to find some description about the process of mathematics learning based PMRI. The research is held in SDPN Sabang, SDPN Setiabudi, and MIN Cicendo as a school which has a PMRI based. The subjects of the research are the third grade, because the researcher want to know deeply about the application of PMRI in the third grade of SD/MI. according to the score of semantic differential scale by the two observer, the score mean (averages) of SDPN Sabang, SDPN Setiabudi, and MIN Cicendo are 2,46, 2,04, and 2,32. The three of the score is considered in the good criteria with the interval (3, 2, 1, 0, -1, -2, -3) and meets the characteristic in PMRI approachment. Key Words: Mathematics Learning, Indonesian Realistic Mathematics Education.

Published

2015-05-31