EVALUASI PROGRAM EKSTRAKULIKULER DI SEKOLAH MI AR-RAHMAH

Authors

  • Tia Latifatu Sadiah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Banten
  • Yulistina Nur DS Universitas Buana Perjuangan, Karawang

DOI:

https://doi.org/10.22460/p2m.v9i2.3487

Keywords:

ekstrakulikuler, evaluasi program

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan program ekstrakurikuler. Penelitian ini dilakukan dengan siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di MI Ar-Rahmah. Subyek penelitian ini adalah 30 siswa dan 5 orang guru. Metode penelitian meliputi materi, observasi, wawancara, dan angket. Pengujian kemanjuran peralatan dilakukan dengan penilaian ahli. Reliabilitas instrumen dianalisis dengan menggunakan metode belah dua atau biasa disebut dengan rumus Spearman-Brown. Data yang diperoleh dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Hasilnya, pelaksanaan program kegiatan ekstrakurikuler di MI Ar-Rahmah dinilai secara umum baik. Hasil penelitian dapat dibagi menjadi empat aspek. Pertama, aspek konteks dinilai sangat baik dengan capaian sebesar 86,53%. Kedua, aspek input dinilai baik, dengan tingkat penyelesaian survei siswa sebesar 81,25% dan tingkat penyelesaian survei guru sebesar 77,08%. Ketiga, aspek proses dinilai memiliki tingkat pencapaian 80,15% pada survei siswa dan 77,50% pada survei guru. Keempat, aspek produk dinilai sangat baik, dengan tingkat penyelesaian survei siswa sebesar 80,41% dan tingkat penyelesaian survei guru sebesar 86,04%.

Published

2022-11-30